UAJY transformasi logo, himne, mars memperkuat identitas

id uajy

UAJY transformasi logo, himne, mars memperkuat identitas

Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Yoyong Arfiadi (HO-Humas UAJY)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan transformasi logo, himne, dan mars untuk meningkatkan performa dan memperkuat identitas dari nilai di lingkungan komunitas internal dan eksternal.

"Bertepatan dengan Dies Natalis ke-55 pada 28 September 2020, serta dukungan dari berbagai pihak, UAJY melakukan peluncuran logo, himne, dan mars secara resmi," kata Rektor UAJY Yoyong Arfiadi secara daring, Kamis.

Menurut dia, transformasi itu juga diharapkan sebagai transformasi seluruh sivitas akademika ke arah habitus baru, meninggalkan kebiasaan lama, meninggalkan yang lalu yang mungkin sudah kurang sesuai dengan perkembangan zaman, dan maju untuk menghadapi tantangan yang ada.

UAJY menyadari bahwa logo, himne, dan mars merupakan representasi dari institusi yang memiliki kekhasan dan kedalaman berdasarkan filosofi yang dimiliki oleh universitas.

"Universitas telah membentuk tim evaluasi logo UAJY untuk melakukan kajian dan rekomendasi terkait persoalan yang dihadapi. Diskusi panjang antara tim logo dan universitas membuahkan hasil berupa penyesuaian logo UAJY dengan tidak mengubah filosofi, nilai, dan makna yang terkandung dalam logo," katanya.

Selain itu, himne dan mars merupakan sebuah kekuatan dan ciri khas yang dikumandangkan di hampir seluruh acara penting yang diadakan universitas.

"Himne dan mars merupakan identitas yang penting bagi suatu universitas termasuk UAJY. Selama ini UAJY belum mempunyai himne sendiri dan belum memiliki mars resmi universitas," katanya.

Oleh karena itu, universitas, melalui dukungan Ernest Mariyanto (penggubah lagu Himne UAJY) dan Onggo Lukito (penggubah lagu Mars UAJY), berdiskusi dalam merealisasikan himne dan mars UAJY dengan berpegang pada visi, misi, filosofi, dan nilai-nilai yang dimiliki UAJY.

Ia mengatakan UAJY pada 2020 merayakan Dies Natalis ke-55 dengan mengambil tema "Strive for Excellence in Harmony and Diversity". Tema ini dipilih karena ada kesadaran untuk terus melakukan upaya perubahan dan inovasi agar tetap menjadi unggul di tengah keberagaman dan kondisi pandemi COVID-19 yang tidak pasti.

UAJY adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. UAJY berdiri pada 27 September 1965.

Perjalanan panjang UAJY tidak lepas dari perjuangan para pendiri yaitu Prof RA Soehardi, Drs AJ Liem Sioe Siet, A Sutijoso, Prof Oey Liang Lee, dan Dr Leo Sukoto.

UAJY berdiri dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar