Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan "Sciensation Tour"

id Taman Pintar, Sciensation Tour

Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan "Sciensation Tour"

Dokumentasi - Gedung Oval Taman Pintar Yogyakarta, 25 Juni 2020 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Tempat wisata dan edukasi di Kota Yogyakarta, Taman Pintar terus melakukan berbagai inovasi menghadapi masa pandemi COVID-19, salah satu inovasi terbaru yang diluncurkan adalah sensasi belajar sains secara virtual yang diberi nama “Sciensation Tour”.

“Kami memanfaatkan aplikasi Zoom untuk mengakses program ini. Pengunjung bisa melakukan virtual tur di Taman Pintar,” kata Kepala Seksi Humas, Kerja Sama, dan Pemasaran Taman Pintar Yogyakarta Karmila di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, Sciensation Tour tersebut lahir untuk menjawab banyaknya permintaan sekolah yang ingin melakukan tur secara virtual di Taman Pintar.
 

Inovasi tersebut diharapkan mampu memberikan penyegaran sekaligus wawasan baru bagi siswa yang selama masa pandemi juga disibukkan dengan pembelajaran secara daring.

Saat mengikuti tur secara virtual, pengunjung akan diajak “berjalan-jalan” ke dalam Gedung Oval dan Gedung Kotak Taman Pintar melalui video yang dilengkapi dengan penjelasan atau informasi langsung dari pemandu.

Pengunjung virtual bisa melihat berbagai alat peraga sains, cara penggunaannya dan konsep keilmuan dari alat tersebut.

“Kegiatan ini dikemas secara interaktif sehingga pengunjung virtual tetap bisa berdiskusi atau bertanya langsung ke pemandu. Bahkan, zona atau wahana apa saja yang ingin dikunjungi bisa dipilih sesuai kebutuhan pengunjung,” katanya.
 

Layanan tersebut dibuka setiap Senin hingga Sabtu dengan minimal 50 peserta dalam sekali tur. Setiap peserta dipungut biaya Rp6.000 untuk menikmati tur selama 60 menit.

Untuk bisa menikmatinya, pengunjung dapat melakukan pemesanan secara daring melalui laman www.tamanpintar.co.id, menghubungi hotline 08572973999 atau mengakses akun Taman Pintar di Tokopedia.

Sebelumnya, upaya Taman Pintar untuk tetap memberikan pelayanan di bidang edukasi juga dilakukan dengan menyiapkan paket demo sains atau science kit yang dapat dibeli secara daring untuk kemudian dipraktikkan di rumah.

Selain itu, juga telah diluncurkan podcast Taman Pintar Bercerita di layanan Spotify, serta live science show melalui Instagram guna tetap mendekatkan dan mengenalkan sains ke masyarakat meskipun dilakukan di rumah.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar