Leg pertama semifinal Copa del Rey, Bilbao vs Levante imbang 1-1

id copa del rey,bilbao,levante,gonzalo melero,inigo martinez,piala raja

Leg pertama semifinal Copa del Rey,  Bilbao vs Levante imbang 1-1

Ilustrasi babak semifinal Copa del Rey 2020/21 yang mempertemukan Athletic Bilbao melawan Levante. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Gol pembuka keunggulan Levante yang dicetak Gonzalo Melero mampu dibalas oleh Inigo Martinez demi membawa Bilbao menyamakan kedudukan,
Jakarta (ANTARA) - Pertandingan leg pertama semifinal Copa del Rey antara Athletic Bilbao kontra Levante berakhir imbang 1-1 di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Gol pembuka keunggulan Levante yang dicetak Gonzalo Melero mampu dibalas oleh Inigo Martinez demi membawa Bilbao menyamakan kedudukan, demikian catatan laman resmi RFEF.

Baca juga: Levante secara dramatis usir Villarreal dari Copa del Rey

Setelah lebih dari 20 menit pertama pertandingan berlalu tanpa serangan berarti, Levante mampu mencuri keunggulan lewat tembakan percobaan pertama laga tersebut.

Berawal dari umpan silang Jorge de Frutos yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Bilbao, Melero berdiri cukup bebas tanpa kawalan di dekat titik putih untuk melepaskan tembakan yang menaklukkan kiper Unai Simon pada menit ke-26.

Gol itu seolah menjadi pemantik pertandingan menjadi lebih hidup dan Bilbao hampir memberi balasan instan lewat tembakan jarak jauh Inaki Williams yang memaksa kiper Dani Cardenas melakukan penyelamatan.

Bilbao kembali menciptakan peluang pada menit ke-37 lewat sepak pojok Iker Muniain yang bisa disambut Martinez, tetapi bola membentur Nemanja Radoja yang berdiri tepat di hadapan garis gawang.

Keunggulan Levante bertahan hingga turun minum, membuat Bilbao memasuki babak kedua dengan ambisi besar menyamakan kedudukan tetapi Cardenas melakukan tiga penyelamatan gemilang atas sundulan Raul Garcia, sepakan Alex Berenguer dan tembakan Williams.

Baca juga: Lucas Ocampos antarkan Sevilla ke semifinal Copa del Rey

Sayangnya, Cardenas tak berkutik ketika Martinez meneruskan bola sepak pojok Muniain ke area tiang jauh dan membuat Bilbao menyamakan kedudukan pada menit ke-58.

Dua menit kemudian Bilbao hampir berbalik memimpin jika saja Oscar Duarte tak pasang badan di muka gawang Levante demi menghadang bola tembakan Berenguer.

Kerja keras Bilbao tak surut hingga pengujung laga, tetapi peluang pemungkas mereka lewat sundulan Yeray Alvarez dalam situasi sepak pojok mudah saja diamankan Cardenas yang memaksa pertandingan berakhir imbang 1-1.

Hasil imbang itu menjadi modal positif bagi Levante, yang memasuki babak semifinal dalam posisi tidak diunggulkan, sebab Bilbao berstatus finalis musim 2019/20 yang partai finalnya belum dimainkan hingga April.

Levante akan berganti menjadi tuan rumah untuk leg kedua semifinal yang dimainkan di Stadion Ciutat de Valencia pada 4 Maret.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar