Villa paksa Tottenham kalah di laga kandang pemungkas

id liga inggris,aston villa,tottenham,ollie watkins,sergio reguilon,steven bergwijn

Villa paksa Tottenham kalah di laga kandang pemungkas

Penyerang Aston Villa Ollie Watkins (bawah) merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham hotspur, London, Inggris, Rabu (19/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Paul Childs)

Hasil itu jadi kemenangan pertama Villa atas Spurs dalam tujuh pertandingan di semua kompetisi, sejak November 2015.
Jakarta (ANTARA) - Aston Villa memaksa Tottenham Hotspur menelan kekalahan 1-2 dalam laga kandang pemungkas mereka musim ini yang dimainkan sebagai pertandingan pekan ke-37 Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kendati sempat tertinggal akibat gol cepat Steven Bergwijn, Villa mampu membalikkan keadaan setelah memaksa Sergio Reguilon mencetak gol bunuh diri yang disusul gol penentu kemenangan Ollie Watkins.

Hasil itu jadi kemenangan pertama Villa atas Spurs dalam tujuh pertandingan di semua kompetisi, sejak November 2015.

Kemenangan tak mengubah posisi Villa yang tetap menduduki posisi ke-11 klasemen dengan 52 poin, tapi mereka mampu mengganggu peluang Tottenham ke Liga Europa musim depan.

Tottenham yang ada di urutan keenam dengan 59 poin, terancam disalip oleh West Ham United (59) yang baru main di laga lebih larut, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Joe Willock cetak rekor saat bantu Newcastle tundukkan Sheffield

Delapan menit pertandingan berjalan, Bergwijn memantik sorak sorai publik tuan rumah lewat aksi individualnya mencuri penguasaan bola dari Marvelous Nakamba sebelum menerobos ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras yang membawa Tottenham memimpin atas Villa.

Keunggulan Totteham tidak bertahan lama sebab Villa mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-20 saat umpan silang Nakamba disambut dengan sapuan buruk Reguilon yang membuat bola bersarang ke dalam gawangnya sendiri.

Gol itu memantik pergerakan lebih agresif para pemain Villa, sayang tembakan Jack Grealish dari tepi kotak penalti mudah diamankan kiper Hugo Lloris dan percobaan jarak jauh John McGinn melambung tinggi di atas sasaran.

Kerja keras tim tamu akhirnya membuahkan hasil, ketika Watkins dengan perkasa mengalahkan Eric Dier dalam bola udara sebelum melepaskan sepakan keras yang membawa Villa berbalik memimpin pada menit ke-39.

Gol tersebut membuat Watkins jadi pemain kedua di Liga Premier musim ini yang bisa mencetak gol tandang melawan Tottenham dan Arsenal setelah penyerang Leicester City Jamie Vardy.

Baca juga: Arsenal panaskan persaingan Eropa setelah menang dramatis di Palace

Tottenham memasuki babak kedua dengan agresivitas tinggi, tetapi kiper Emiliano Martinez dua kali menggagalkan peluang bagus yang dimiliki Bergwijn.

Di ujung lapangan berbeda, Lloris juga unjuk kebolehan menutup ruang tembak Watkins yang lolos dari jebakan offside dan menciptakan situasi satu lawan satu dengan kiper asal Prancis itu.

Momentum Villa berlanjut dan anak-anak asuh Dean Smith seharusnya mampu menambah keunggulan pada injury time, sayang sepakan Anwar El Ghazi melenceng dan tembakan Watkins dimentahkan Lloris.

Pada menit ke-77, Kane yang selalu mencetak gol ke gawang Villa dalam empat pertemuan terakhir nyaris melanjutkan tren positifnya jika saja Martinez tidak menghalau tembakan keras kapten tim nasional Inggris itu.

Tujuh menit berselang, Watkins kembali menciptakan peluang untuk menambah keunggulan Villa, tetapi bola sepakannya dihadang oleh Eric Dier sebelum mencapai gawang.

Tottenham tak berkutik menciptakan momentum kebangkitan dan nyaris kalah lebih telak jika saja tembakan talenta muda Villa Jaden Philogene-Bidate yang sudah memperdaya Lloris tak menghantam tiang gawang pada menit kelima injury time.

Di pertandingan pemungkas yang berlangsung serempak pada Minggu (23/5), Tottenham akan melawat ke Stadion King Power menghadapi Leicester City, sedangkan Villa menjamu Chelsea di Villa Park.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024