Polres Kulon Progo menggelar pelatihan SAR air hadapi potensi bencana

id SAR Air,Polres Kulon Progo,Kulon Progo,Laguna Pantai Glagah

Polres Kulon Progo menggelar pelatihan SAR air hadapi potensi bencana

Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini memimpin langsung latihan SAR Air di Laguna Pantai Glagah, Jumat (29/10) (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pelatihan pencarian dan penyelamatan air untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas kebencanaan di lapangan.

Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pelatihan pencarian dan penyelamatan air ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Polres Kulon Progo.

“Pelatihan ini sebagai cara membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di lautan lepas,” kata Kapolres saat memimpin langsung latihan SAR air di Laguna Pantai Glagah.

Ia mengatakan sasaran latihan ini adalah untuk menjaga ketahanan personel dan evakuasi korban laka air, serta untuk sarana mendidik, melatih personel agar paham akan tugas pokok masing-masing dan lebih profesional.

Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri.

"Musibah atau keadaan darurat di perairan, seperti sungai atau laut merupakan kejadian yang tak diharapkan oleh siapapun. Dibutuhkan respon atau penanganan sesegera mungkin tanpa melupakan faktor keselamatan diri sendiri," katanya.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan kemampuan serta keterampilan pertolongan air menjadi hal yang cukup penting untuk dipahami dan dipelajari, khususnya bagi personel Polres Kulon Progo.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Polres Kulon Progo adalah kemampuan SAR Air. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/Penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang atau pendukung kegiatan di lapangan.

"Personel Polres Kulon Progo siap melaksanakan tugas di semua bidang bila dibutuhkan sewaktu-waktu," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024