Kesejahteraan guru perlu diperjuangkan

id kesejahteraan guru kotim,tingkatkan kesra guru kotim

Kesejahteraan guru perlu diperjuangkan

Bupati Halikinnor menyerahkan piagam penghargaan kepada guru berprestasi saat upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-27, Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2021 di Sampit, Senin (13/12/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berkomitmen memperjuangkan peningkatan kesejahteraan guru, khususnya guru honorer sekolah yang saat ini kondisinya dinilai perlu perhatian.

"Seperti yang disampaikan Pak Bupati, pemerintah daerah sangat serius memperhatikan kesejahteraan guru. Semua diperjuangkan bertahap, dan tentu menyesuaikan kemampuan keuangan daerah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi di Sampit, Selasa.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-27, Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2021. Upacara dipimpin Bupati Halikinnor, turut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Senin(13/12).

Menurut Kadisdik Suparmadi, hal yang saat ini menjadi perhatian terkait guru di Kotawaringin Timur adalah nasib para guru honorer sekolah. Kesejahteraan guru honorer memang perlu perhatian karena mereka ada yang hanya mendapat insentif Rp300.000 per bulan sesuai kemampuan pihak sekolah.

Masalah ini pula menjadi aspirasi guru dalam berbagai kesempatan. Mereka berharap mendapat perhatian pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesehatan, khususnya pengangkatan menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) maupun tenaga kontrak daerah.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) juga memperhatikan dan berupaya memperjuangkan aspirasi tersebut. Dia meyakinkan bahwa pemerintah daerah sangat memperhatikan aspirasi itu dan berupaya keras untuk mewujudkannya.

"PGRI Kotawaringin Timur akan berusaha memperjuangkan kesejahteraan guru-guru kita, terutama para guru honorer sekolah, khususnya yang sudah lama mengabdi. Tentu sesuai kemampuan keuangan daerah," jelasnya.

Di sisi lain, kata Suparmadi, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan juga terus meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Tujuannya agar proses belajar mengajar semakin baik sehingga berdampak positif terhadap kualitas pendidikan hingga ke kawasan pelosok.

"Pembangunan infrastruktur pendidikan di Kotawaringin Timur saat ini sudah cukup merata. Tapi memang sebaran dan kesejahteraan guru yang perlu perhatian kita semua," ujar Suparmadi.

Sementara itu, upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-27, Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2021 berjalan lancar. Acara juga diisi penyerahan penghargaan kepada sejumlah guru dan lembaga pendidikan.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024