Dishub mengingatkan wisatawan gunakan gigi rendah naik Imogiri-Dlingo

id Wisata Mangunan

Dishub mengingatkan wisatawan gunakan gigi rendah naik Imogiri-Dlingo

Kawasan wisata Mangunan di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) -
Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan agar wisatawan yang mengendarai mobil atau dengan bus pariwisata menggunakan gigi rendah ketika naik jalur Imogiri-Dlingo menuju kawasan wisata Mangunan.
 
"Untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan, mulai dari simpang tiga Imogiri menuju ke Dlingo kami siapkan tanda peringatan agar memakai gigi rendah," kata Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Rabu.
 
Menurut jalur Imogiri-Dlingo yang dituju melalui Imogiri naik ke Dlingo memang merupakan jalur utama wisata yang disarankan dinas untuk dilewati kendaraan dan bus wisata, namun pengemudi tetap harus berhati-hati dan gunakan gigi kecil agar kuat menanjak.
 
Apalagi, di Bukit Bego yang berada di ruas jalan tersebut, sempat terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal bus pariwisata awal Februari 2022, sehingga perlu menjadi perhatian bersama terutama wisatawan agar lancar sampai tujuan.

"Dari sisi kelayakan jalan juga harus layak, dan kemarin sudah kami uji coba dengan beberapa teman Organda dengan memakai bus besar tidak ada masalah, hanya memang pengemudi perlu mengenal medan dan pastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan," katanya.
 
Selain itu, kata dia, kondisi kesehatan pengemudi bus wisata termasuk kendaraan pribadi juga harus dipastikan ketika hendak naik jalur wisata itu, sehingga bisa mengoperasikan kendaraan dengan baik.
 
"Kondisi kesehatan dari pengemudi memang betul betul dalam keadaan sehat, Insya Allah tidak ada masalah, jadi diizinkan bus naik Mangunan, kami sudah koordinasi dengan jajaran Satlantas Polres, bus diizinkan untuk naik ke sana," katanya.

Kawasan Mangunan yang ada di wilayah perbukitan Dlingo terdapat sejumlah objek wisata alam dengan pemandangan dari atas bukit, untuk menuju wilayah ini terdapat dua jalur yaitu jalur Cinomati dan jalur Imogiri-Dlingo, namun dinas menyarankan agar melewati Imogiri.