"Etalase Kampung Sunda" akan dibangun

id Unpasz Paguyuban Pasundan, Pemkab Pangandaran, Etalase Kampung Sunda

"Etalase Kampung Sunda" akan dibangun

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (Unpas), Paguyuban Pasundan, dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akan membangun destinasi wisata "Etalase Kampung Sunda" di Kabupaten Pangandaran. ANTARA/HO-Humas Unpas

Bandung (ANTARA) -
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (Unpas), Paguyuban Pasundan, dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akan membangun destinasi wisata "Etalase Kampung Sunda" di Kabupaten Pangandaran.
 
Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi di Kota Bandung, Rabu, mengatakan adanya Etalase Kampung Sunda menjadi peluang besar melestarikan budaya Sunda di tengah krisisnya solidaritas orang Sunda dan krisis menggunakan bahasa Sunda.
 
"Makanya dengan adanya Etalase Kampung Sunda ini menjadi peluang tempat tersebut dijadikan pusat budaya Sunda," kata Didi Turmudzi seusai menggelar pertemuan dengan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata dan Dekan Fisip Unpas, M Budhiana di Gedung Paguyuban Pasundan Kota Bandung.
 
Rencananya Etalase Kampung Sunda akan dibangun di Desa Cikalong Kabupaten Pangandaran dan Pemkab Pangandaran menyediakan lahan 10 hektare. 
 
Didi mengaku bangga dengan Etalase Kampung Sunda karena bisa dijadikan alternatif pengembangan budaya sekaligus pengembangan ekonomi.
  
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan pihaknya menyambut baik rencana pembangunan Etalase Kampung Sunda ini.
 
Ia mengharapkan pada tahun 2023 Etalase Kampung Sunda sudah dibangun.
 
Sementara itu, Dekan Fisip Unpas, M Budhiana menambahkan Pangandaran merupakan wisata unggulan teratas di Jawa Barat yang terus berkembang dan perlu diperkuat dengan membangun ikon cultural tourism dalam bentuk miniatur kampung adat Sunda seperti destinasi wisata lainnya seperti di Bali dan Yogya.
 
 
 
 
 
 

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024