Leclerc pole position GP Azerbaijan

id formula1,formula one,grand prix azerbaijan

Leclerc pole position GP Azerbaijan

Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc melakukan selebrasi setelah meraih pole position Grand Prix Azerbaijan, Sirkuit Baku. (11/6/2022) (ANTARA/REUTERS/HAMAD I MOHAMMED)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ferrari Charles Leclerc mencetak lap terbaik pada babak kualifikasi guna mengamankan pole position Grand Prix Azerbaijan pada Sabtu.

Pebalap Monako itu mencatat waktu terbaik satu menit 41,359 detik dalam upaya terakhirnya di Q3 untuk mengungguli pebalap Red Bull Sergio Perez dalam selisih 0,282 detik.

Rival utama Leclerc, Max Verstappen, yang unggul sembilan poin di klasemen, bakal start dari P3 setelah finis terpaut 0,347 detik.

Sementara Carlos Sainz sempat memegang pole provisional sebelum tiga pebalap memacu lebih kencang dibandingkan dia. Sainz berupaya memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir, namun sedikit kesalahan hampir membuat mobil Ferrarinya mencium pagar pembatas sehingga pebalap Spanyol ini harus puas finis P4.

Penampilan Leclerc hari itu mempersembahkan pole keenam baginya dari delapan balapan musim ini dan keempat kalinya secara beruntun.

Itu membuat pebalap berusia 24 tahun itu sebagai yang pertama meraih dua pole di sirkuit jalan raya Baku setelah tahun lalu dia juga start terdepan di Azerbaijan.

"Saya tidak menyangka ini dan saya kira Red Bull lebih kuat," kata Leclerc seperti dikutip Reuters.

"Di lap terakhir semuanya berjalan baik," kata Leclerc setelah meraih pole ke-15 dalam kariernya itu.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024