RSPAU Hardjolukito mengadakan bakti sosial peringati Hari Bakti TNI AU

id RSPAU Hardjolukito,Yogyakarta,Hari Bhakti TNI AU,2022

RSPAU Hardjolukito mengadakan bakti sosial peringati Hari Bakti TNI AU

Kepala RSPAU Hardjolukito Marsekal Pertama TNI Mukti Arja Berlian bersama Aspers Kasau Marsekal Muda TNI Elianto Susetio dan Kadiskesau Marsekal Pertama Swasono Rahayu usai meninjau kegiatan bakti sosial dalam Rangka Peringatan ke-75 Hari Bhakti TNI AU di rumah sakit tersebut, Kamis (23/6/2022) di Yogyakarta. (FOTO ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr. S Hardjolukito menyelenggarakan bakti sosial berupa pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam rangka Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara tahun 2022.

"Sumbangsih kegiatan bakti sosial ini secara nyata untuk kemanusiaan di bidang kesehatan, dan pembagian sembako yang merupakan salah satu perwujudan kepedulian untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," kata Kepala RSPAU dr. S Hardjolukito, Marsekal Pertama TNI Mukti Arja Berlian dalam sambutannya di Yogyakarta, Kamis.

Bakti sosial dalam rangka Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU yang dilaksanakan di Gedung Siaga Bencana RSPAU dr. S Hardjolukito Yogyakarta tersebut mengambil tema "Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan".

Kegiatannya meliputi pembagian ratusan paket sembako kepada masyarakat, pemeriksaan kesehatan berupa operasi katarak, sunatan massal, donor darah, dan vaksinasi COVID-19 booster atau dosis penguat.

Sedangkan bakti sosial kesehatan operasi katarak bertempat di ruang operasi Departemen Mata RSPAU dr. S Hardjolukito sebanyak 178 orang, yang sebelumnya sudah melakukan skrining praoperasi pada 16 Juni 2022.

Kemudian khitanan massal dilaksanakan di Gedung B RSPAU dan diikuti oleh 105 orang, selanjutnya donor darah yang bekerjasama dengan PMI DIY untuk peserta sebanyak 600 orang, yang semua kantong darah akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan yang disalurkan melalui PMI.

Selain itu, sebanyak 200 orang mendapatkan vaksinasi booster yang dilaksanakan di Gedung B RSPAU Hardjolukito.

"Semoga kegiatan bakti sosial ini dapat memberi manfaat kepada seluruh masyarakat dan kepada prajurit RSPAU dr. S Hardjolukito dalam menumbuhkan semangat rasa solidaritas dan jiwa gotong royong bahwa TNI adalah bagian dari masyarakat," kata Mukti Arja Berlian.

Sementara itu, Asisten Personalia Kepala Staf TNI AU (Asper Kasau) Marsekal Muda TNI Elianto Susetio dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ini diselenggarakan serentak di seluruh jajaran TNI AU dan salah satu kegiatannya adalah bakti sosial.

"Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat serta meringankan beban akibat dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RSPAU Hardjolukito gelar bakti sosial di Hari Bhakti TNI-AU ke-75