RSPAU Hardjolukito mendukung pemerintah pengobatan kanker di Indonesia

id RSPAU Hardjolukito ,HUT RSPAU ,Pengobatan kanker ,Layanan kesehatan,RSPAU Hardjolukito dukung pemerintah,dukung pemerint

RSPAU Hardjolukito mendukung pemerintah pengobatan kanker di Indonesia

Kepala RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Marsma TNI Roikhan Harowi dalam Upacara peringatan HUT ke-11 RSPAU Hardjolukito di Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) (ANTARA/HO-Humas RSPAU Hardjolukito)

Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr Suhardi Hardjolukito Yogyakarta mendukung program pemerintah dalam pengobatan kanker di Indonesia, salah satunya dengan melengkapi layanan radioterapi dengan peralatan LINAC (Linier Accelerator) pada rumah sakit tersebut.

"Layanan radioterapi dengan LINAC di wilayah Yogyakarta ini hanya ada di RSUP Sarjito dan di kita, makanya ini suatu upaya untuk membantu pemerintah dalam pengobatan kanker di negeri ini, sehingga tercipta masyarakat Indonesia maju," kata Kepala RSPAU Hardjolukito Marsma TNI Roikhan Harowi usai upacara HUT ke-11 RSPAU Hardjolukito di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, layanan kesehatan dalam pengobatan kanker di rumah sakit ini, selain untuk keluarga besar TNI AU, juga bisa melayani semua pasien masyarakat, baik umum maupun yang masuk dalam jaminan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini RSPAU merupakan rumah sakit rujukan nasional untuk TNI AU, juga merupakan rumah sakit rujukan yang ada di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng).

"Salah satu layanan unggulan kita saat ini kita mempunyai layanan radioterapi dengan LINAC, kita bisa membantu masyarakat dalam terapi pengobatan kanker karena dengan LINAC ini kita bisa mempercepat dari penyembuhan dan terapi dari pasien kanker itu," katanya.

Di samping itu, lanjut dia, RSPAU Hardjolukito juga mempunyai layanan layanan unggulan seperti layanan mata, dengan peralatan operasi yang tidak kalah dengan rumah sakit di Yogyakarta, juga layanan urologi dan layanan jantung yang saat ini dikembangkan untuk memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

"Cita-cita kita untuk menjadi rumah sakit dengan rumah sakit layanan unggulan kanker ini menjadi cita cita kita, kemudian pengembangan layanan jantung kita upayakan itu," katanya.

Bahkan, kata dia, dalam waktu tidak lama lagi, RSPAU Hardjolukito akan membuka penambahan dari layanan ICU, ICCU dan kamar operasi, yang semua itu bertujuan bagaimana bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Memang program pemerintah saat ini yaitu peningkatan layanan KJSU (kanker, jantung stroke dan urologi), kita di unit stroke dilengkapi dengan beberapa peralatan untuk deteksi stroke baik MRI, CT scan, dan kita berupaya untuk membantu program pemerintah yaitu KJSU," katanya.

Terkait dengan tema HUT ke-11 RSPAU Hardjolukito adalah "Sinergi Melayani Yang Terbaik", tema diambil agar seluruh sivitas hospitalia dan para stakeholder untuk saling bahu membahu dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia.

"Mudah mudahan dengan HUT ini bisa bersinergi untuk memberikan yang terbaik, beberapa kegiatan sudah kita kerjakan salah satunya kegiatan sosial, kegiatan ilmiah dan juga kegiatan intern untuk peningkatan kompetensi bagi tenaga kesehatan dan juga upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024