RSPAU gelar Liga Muda FOPSSI DIY

id Liga Muda FOPSSI ,RSPAU Hardjolukito ,Dukung pembinaan atlet sejak dini

RSPAU gelar Liga Muda FOPSSI DIY

Kepala RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian secara simbolis menyerahkan bola kepada perwakilan wasit menandai pembukaan Liga Muda FOPSSI DIY di Lapangan RSPAU Hardjolukito Yogyakarta. Sabtu (20/5/2023) ANTARA/Hery Sidik.

Bantul (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr Suhardi Hardjolukito Yogyakarta menggelar Liga Muda Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOPSSI) Daerah Istimewa Yogyakarta guna mendukung pembinaan atlet sepak bola sejak usia dini di wilayah provinsi tersebut.

"Membangun sebuah tim nasional yang solid maupun pesepak bola yang handal itu tidak bisa dilakukan secara instan. Sepak bola itu bisa berhasil, dimulai dari usia dini," kata Kepala RSPAU Hardjolukito Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian dalam sambutan pembukaan Liga Muda FOPSSI di Lapangan RSPAU Yogyakarta, Sabtu.

Liga Muda FOPSSI DIY 2023 yang digelar selama dua hari pada Sabtu (20/5) dan Minggu (21/5) yang memperebutkan Piala Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito tersebut terbagi dalam tiga kelompok umur yakni U10, U11 dan U12.

Selain mendukung program pembinaan usia dini atlet sepak bola Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) DIY, event ini juga merupakan wujud dukungan RSPAU Hardjolukito untuk kemajuan dunia sepak bola Indonesia.

"Melalui turnamen ini diharapkan dapat menjadi fondasi awal bagi atlet sepakbola berprestasi, dan media untuk dapat mengembangkan diri dengan bermain lebih baik lagi, sehingga nantinya menjadi pemain sepakbola handal yang dapat memajukan persepakbolaan Indonesia," katanya.

Dia mengatakan, RSPAU Hardjolukito merasa harus turut berperan aktif dalam pembinaan sepak bola daerah yang terarah dan terukur sehingga diharapkan dapat menghasilkan atlet sepak bola yang dapat membela negara ke ranah nasional maupun Internasional.

"Tidak hanya skill, tetapi perlu pembinaan mental serta psikologis juga dari para pemain," kata Mukti Arja Berlian.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala RSPAU Hardjolukito juga berpesan kepada seluruh tim yang bertanding di liga sepak bola ini untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas, apapun hasilnya, baik menang ataupun kalah.

"Saya berpesan bermainlah dengan jiwa yang sportif, tunjukkan segala kemampuan dan ikuti setiap peraturan pertandingan," katanya.

Usai sambutan, upacara pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan bola secara simbolis dari Kepala RSPAU Hardjolukito kepada perwakilan wasit dan panitia, kemudian langsung dilanjutkan kick off pertandingan babak penyisihan U10, U11 dan U12.

Peserta yang mengikuti Liga Muda FOPSSI DIY 2023 kategori U10 yakni Mataram Utama, SSB MAS, SSB Baturetno dan SSB HW UMY.

Sedangkan untuk U11 terbagi menjadi dua grup. Grup A diisi SSB Bangunharjo, SSB Putra Handayani, Baret Org, NBC Potorono dan KKK Putih. Sedangkan Grup B diisi Gelora Muda, Pendowo, KKK Merah, Mataram Utama dan Baret Abu-abu.

Kemudian untuk kategori U12 diikuti SSB MAS Garuda, Baturetno, Mataram Utama Kuning dan Biru, MAS Rajawali, HW UMY, dan Putra Handayani.