Facebook dan Twitter hapus video penembakan Shinzo Abe

id shinzo abe,twitter,meta,facebook,youtube,abe,tiktok

Facebook dan Twitter hapus video penembakan Shinzo Abe

Arsip--Mantan PM Jepang Shinzo Abe menghadiri peringatan 76 tahun berakhirnya Perang Dunia kedua di Kuil Yasukuni, Tokyo, Jepang, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/foc.) (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/foc.)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perusahaan media sosial termasuk Twitter dan Meta (Facebook) menghapus video-video di platform mereka tentang penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Menurut laporan Associated Press yang dirilis 8 Juli, penghapusan menyusul pelanggaran aturan tentang konten berbahaya di platform media sosial itu.

Beberapa video serangan oleh seorang pria bersenjata yang menembakkan senjata laras ganda buatannya kepada Abe beredar di media sosial Jumat (8/7). 

Twitter mengatakan tim penegaknya sedang bekerja "mengatasi konten berbahaya" berkaitan dengan serangan itu "secara proaktif menghapus materi melanggar aturan platform", yang mencakup pembatasan media sensitif termasuk kekerasan grafis.

Twitter mendesak pengguna menandai materi berpotensi sensitif dari serangan itu sehingga dapat mengambil tindakan. 

Meta mengatakan telah menghapus video yang menggambarkan momen penyerangan dan telah menonaktifkan akun Facebook dan Instagram tersangka.

YouTube mengatakan sistemnya menonjolkan video terkait serangan dari "sumber otoritatif" seperti organisasi berita, kata situs berbagi video, menambahkan bahwa mereka akan menghapus konten apa pun yang melanggar aturannya, termasuk larangan konten kekerasan atau grafis.

TikTok sedang bekerja dengan cepat "mengidentifikasi konten, akun, dan tagar terkait insiden tragis ini", menghapus konten, dan akun apa pun yang melanggar aturan.








 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024