SAR Satlinmas Gunungkidul imbau wisatawan mematuhi imbauan petugas

id Objek wisata pantai ,SAR Gunungkidul ,Gunungkidul

SAR Satlinmas Gunungkidul imbau wisatawan mematuhi imbauan petugas

Wisatawan padati objek wisata pantai di Gunungkidul. (ANTARA/HO-Dokumen SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Tim Pencarian dan Penyelamatan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan wisatawan mematuhi imbauan petugas saat bermain air di bibir pantai demi keselamatan saat berwisata.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto di Gunungkidul, Senin, mengatakan objek wisata pantai di wilayah ini sangat indah dengan pasir putih yang membentang, sehingga wisawatan terus ingin bermain air meski di wilayah yang dilarang oleh petugas SAR Satlinmas.

"Kami sudah memperingatkan wisata untuk tidak bermain air saat gelombang pasang, namun tidak pernah didengar atau diindahkan oleh wisatawan. Untuk itu, kami mengharapkan wisatawan mematuhi imbauan SAR baik secara langsung melalui pengeras suara, maupun petugas yang berkeliling," kata Surisdiyanto.

Ia mengatakan Dispar bersama SAR Satlinmas sudah memasang rambu-rambu di objek wisata pantai yang berbahaya bagi wisatawan. Rambu ini dipasang sebagai pengingat kepada pengunjung.

Surisdiyanto mengatakan imbauan petugas ini tidak asal, karena berdasarkan informasi dari BMKG ataupun situs cuaca mengenai ketinggian gelombang.

Selain gelombang, wisatawan juga diingatkan mengenai adanya rip current atau arus balik yang terkonsentrasi pada sebuah jalur sempit, yang memecah zona empasan gelombang hingga melewati batas zona gelombang pecah.

"Di setiap titik pantai ada arus balik. Namun tergantung besar kecilnya yang berbeda," katanya.

Dia mengatakan karakter objek wisata pantai di Gunungkidul berbeda dengan Kabupaten Bantul arus baliknya berubah. Hal ini dikarenakan Gunungkidul karena terdiri dari batu karang sehingga menetap.

Ia mencontohkan kejadian terakhir kemarin di pantai Pulang Syawal. Setelah terseret gelombang, korban tenggelam masuk kubangan Rip Current.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada wisatawan untuk tidak mengabaikan peringatan dari petugas SAR saat berkunjung. Boleh bermain air, tetapi tetap waspada dan ikut imbauan petugas," kata dia.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatkan petugas SAR seringkali mengingatkan wisatawan supaya tidak mengabaikan peringatan petugas, namun sering diabaikan.

"Kami juga menyiagakan seluruh personel untuk mengamankan wisatawan, khusus saat akhir pekan yang jumlah wisatawan sangat banyak," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024