Polbangtan Kementan raih penghargaan MURI dan Abdi Bakti Tani

id polbangtan,kementan,penghargaan

Polbangtan Kementan raih penghargaan MURI dan Abdi Bakti Tani

Direktur Polbangtan YoMa Bambang Sudarmanto (kanan) menerima penghargaan (ANTARA/HO-Polbangtan YoMa)

Yogyakarta (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan MURI dan Abdi Bakti Tani karena dinilai berkontribusi aktif dalam pembangunan pertanian.

Siaran pers dari Polbangtan YoMa yang diterima di Yogyakarta, Rabu, menyebutkan kontribusi aktif Polbangtan YoMa salah satunya diwujudkan dengan perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan secara terus menerus serta turut menyelenggarakan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Pertanian.

Komitmen Kementan dalam mewujudkan target pembangunan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern terus diupayakan dengan memacu dan meningkatkan kinerja di setiap Unit Kerja dan Unit Pelaksana Tugas (UK/UPT).

Salah satunya melalui Polbangtan YoMa sebagai UPT di bawah koordinasi BPPSDMP yang memiliki tugas utama yaitu membentuk SDM Pertanian yang unggul dan berkualitas.

Berkat dedikasinya ini Polbangtan YoMa dianugerahi 2 penghargaan pada saat kegiatan Rapat Kerja Pimpinan Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

Penghargaan pertama yaitu sertifikat sebagai Penyelenggara Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Pencatatan Rekor MURI serial Pelatihan Petani dan Penyuluh dengan Peserta Terbanyak dan yang kedua yaitu Piagam Penghargaan Abdi Bakti Tani sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Utama Bidang Pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh instansi di bawah Kementan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja.

"Mari kita berikan pelayanan yang prima, peningkatan kinerja pelayanan dan bekerja sama membentuk jejaring kerja agar program pembangunan pertanian ke depan dapat dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan," katanya.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menyatakan bahwa seluruh insan pertanian, baik petani, penyuluh, poktan, gapoktan maupun petani milenial harus semangat dan bahu membahu untuk menjaga produktivitas pertanian dengan cara berkinerja sesuai tupoksinya.

Ia juga menyampaikan agar seluruh UPT di Lingkup BPPSDMP semakin maksimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pemangku kepentingan terkait. "Tingkatkan kinerja bagi peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM pertanian di wilayah kerjanya," katanya.

Direktur Polbangtan YoMa Bambang Sudarmanto yang hadir dan menerima penghargaan secara langsung menyatakan bahwa raihan ini merupakan bentuk apresiasi yang patut dibanggakan sekaligus menjadi pemantik bagi pihaknya untuk terus meningkatkan kinerja.

"Capaian ini merupakan hasil kolaborasi , karya bersama dari seluruh unsur Polbangtan YoMa. Raihan ini juga sekaligus menjadi penyemangat kita untuk berkinerja lebih baik lagi dan terus berkontribusi aktif menyukseskan apa yang menjadi target utama pembangunan pertanian Indonesia," kata Bambang.

Bambang juga mengemuakakan penghargaan sebelumnya telah diberikan MURI kepada Mentan pada Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang telah berhasil memecahkan rekor Peserta Pelatihan Terbanyak yang diikuti 1,6 juta peserta, tepatnya 1.610.655 orang pada kegiatan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh.