Masyarakat Yogyakarta apresiasi Banteng Jogja Expo, bermanfaat promosikan produk

id PDIP

Masyarakat Yogyakarta apresiasi Banteng Jogja Expo, bermanfaat promosikan produk

​​​​​​​Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto kunjungi dan dialog dengan peserta Banteng Jogja Expo (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Warga Yogyakarta antusias mengikuti acara Banteng Jogja Expo yang digelar DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta di Pendopo De Nanny, Jalan Tamansiswa, Yogyakarta, Kamis, 20 Oktober 2022.

Pengunjung rela berdesak-desakan, hanya sekadar untuk membeli atau hanya melihat barang-barang atau sekedar ingin jajan makanan yang diinginkan. 

Mereka mengaku kagum dengan hasil karya yang mereka sajikan atau pamerkan di acara ini. Karena hasilnya tidak kalah dengan yang dijual di toko-toko, bahkan bisa dibilang lebih bagus dan enak untuk jenis makanan.

Seperti desain baju atau grafis sampai sablon, misalnya, ternyata hasilnya bagus dan tidak kalah dengan yang dijual di toko-toko. 

''Desain kaos dan bajunya cukup bagus dan harganya murah lagi,'' ujar Bambang warga Pingit.

Belum lagi sajian makanan dan minuman mulai dari ayam goreng, ayam geprek, soto sampai minuman jus dan jamu tradisional ada dalam ajang Banteng Jogja Ekspo tersebut. 

''Sotonya nikmat dan seger, murah lagi,'' ujar Leni warga Prawirotaman kepada temannya usai makan soto. 

''Wingko Jogjanya juga enak,'' tambah dia. 

''Kalau dijual dengan harga murah seperti ini, apa mereka tidak rugi ya,'' timpal teman Leni.

Sedikitnya 220 pengusaha UMKM dari 44 kelompok perajin dan souvenir yang turut meramaikan Banteng Jogja Expo. Mereka itu adalah hasil binaan dari DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta.

Menurut Ketua DPC PDI Perjungan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto, setelah para perajin dan kelompok kerja mengikuti pelatihan selama 32 hari kemudian hasil mereka di pamerkan di Banteng Jogja Expo 2022.

Tujuan dari acara ini, lanjut Eko, hanya ingin membantu meningkatkan perekonomian masyarakat agar bisa lebih sejahtera. Sekaligus untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di tingkat kecamatan.

''Apa yang kami lakukan ini, sejatinya hanya ingin membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka agar bisa hidup lebih sejahtera,'' ujar Politisi PDIP Eko Suwanto disela-sela meninjau lokasi pameran. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomi masyarakat sekligus bisa membangkitkan perekonomian rakyat yang baru saja terdampak krisis akibat pandemi Covid-19. 

''Semua produk yang kami pamerkan ini seluruhnya hasil binaan bersama yang dikerjakan Partai secara sungguh sungguh'' jelas Ketua DPC PDIP Yogyakarta Eko Suwanto yang juga duduk sebagai Ketua Komisi A DPRD DIY.

''Kami senang pengunjung Banteng Jogja Ekspo sebanyak ini,'' katanya 

Yang membuat Eko Suwanto bangga, semua produk yang dipamerkan merupakan hasil kreasi aneka pelatihan yang beberapa bulan lalu ia lakukan. Hasil dari pelatihan itu, sekarang dipamerkan dan hasilnya berani bersaing dipasaran.

Peserta Banteng Jogja Ekspo, adalah mereka yang telah di fasilitasi pelatihan bersama dengan BLKPP Disnakertrans DIY beberapa waktu lalu. Hasil dari pelatihan itu, sekarang dipamerkan disini.

Pameran bertajuk Banteng Jogja Ekspo, adalah upaya nyata DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta untuk mengajak rakyat bangkit dari keterpurukan dampak dari Pandemi Covid-19 lalu.