Eko Suwanto: Santri harus jadi pelopor kesejahetraan rakyat

id DPRD DIY

Eko Suwanto: Santri harus jadi pelopor kesejahetraan rakyat

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (ANTARA/HO/DPRD DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta para santri mewarisi perjuangan para ulama dengan memelopori terwujudnya kesejahteraan rakyat. 

"Jasa penting KH Hasyim Asyari yang melahirkan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 dan kini diperingati sebagai hari Santri, perlu dilanjutkan oleh santri di masa sekarang. Santri patut jadi pelopor membawa masyarakat Indonesia agar lebih sejahtera," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Sabtu. 

Peringatan hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2022, menurut dia, menjadi penanda penting perjuangan santri dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Keteladanan perjuangan dan peran santri, menurut dia, senantiasa dibutuhkan untuk kejayaan bangsa Indonesia dari masa ke masa. 

Menurut dia, perjuangan santri dalam berkiprah untuk mengisi kemerdekaan republik Indonesia, mengisi pembangunan menuju Indonesia maju bisa dijalankan dalam ranah kehidupan keseharian. 

"Selamat Hari Santri, saat ini peran dan kontribusi santri untuk membangun bangsa, turut memperkuat karakter bangsa dengan ilmu yang diperoleh di pesantren semoga bisa bawa Indonesia lebih maju," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.