Pendidikan di Indonesia mulai berkembang

id Tanoto Foundation, pendidikan berkualitas, pendidikan, kualitas pendidikan

Pendidikan di Indonesia mulai berkembang

Direktur Utama Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja (kiri) dan Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati (kanan), di Jakarta, Senin (5/12/2022). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati mengatakan pendidikan di Indonesia telah menunjukkan kemajuan.

"Namun masih ada hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kualitasnya. Hasil analisis Rapor Pendidikan 2021 di 591 sekolah dan madrasah mitra Tanoto Foundation di 25 kabupaten/kota dan lima provinsi menghasilkan beberapa temuan menarik," kata Ari di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan temuan itu di antaranya yakni hal yang paling mempengaruhi kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah kualitas pengajaran dan pembelajaran, terutama dukungan afektif dan aktivasi kemampuan kognitif.

Kemudian, literasi juga dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan keterlibatan orang tua. Selanjutnya di tingkat SMP/Madrasah, literasi dan pembentukan karakter berkaitan erat dengan kemampuan guru untuk melakukan refleksi pembelajaran,” ujarnya.

Hal itu yang mendorong Tanoto Foundation bersama Synergy Policies melakukan identifikasi tantangan, praktik baik dan inovasi untuk meningkatkan sebaran pendidikan berkualitas di Indonesia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tanoto Foundation sebut pendidikan di Indonesia tunjukkan kemajuan