Kepala desa pentaskan "Drama Gong"

id Gianyar, Forum Perbekel Gianyar, Bupati Gianyar, Drama Gong

Kepala desa pentaskan "Drama Gong"

Seluruh kepala desa se kabupaten Gianyar, propinsi Bali menampilkan Drama GongĀ "Manik Pancar Bumi" di Open Stage Balai Budaya Gianyar (Dok Humas)

Gianyar, Bali (ANTARA) - Seluruh kepala desa se-Kabupaten Gianyar, Bali, menampilkan Drama Gong "Manik Pancar Bumi" pada panggung terbuka Balai Budaya Gianyar, Selasa (11/4) malam,.dalam rangka HUT Kota Gianyar ke-252.

"Untuk membangkitkan kembali seni pertunjukan Drama Gong yang pernah jaya pada tahun 1970 hingga 1990-an, seluruh kepada desa dan lurah se-Kabupaten Gianyar menampilkan pementasan Drama Gong," kata Ketua Forum Perbekel (Kades) se-Kabupaten Gianyar I Nyoman Payu dalam siaran pers di Gianyar, Rabu.

Tawa dan senyum para penonton yang menyaksikan seketika mengembang ketika para pucuk pimpinan desa menunjukkan aksinya di atas panggung. Tingkah lucu mereka seakan membius warga masyarakat yang menyaksikannya.

Pertunjukan yang sangat ciamik ini, lanjutnya,  terlaksana berkat sentuhan tangan dingin dari para seniman kawakan di bidang pertunjukan Drama Gong, seperti Jro Dasaran Suyadnya, Anak Agung Kartika, Nyoman Suteja, dan Ni Wayan Sriyani. Selain itu juga didukung oleh Dinas PMD dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar.

Nyoman Payu menuturkan pementasan Drama Gong perbekel yang mengangkat lakon "Manik Pancar Bumi" merupakan gagasan ide dari Bupati Gianyar Made Mahayastra guna membangkitkan kembali seni pertunjukan yang dulu jaya pada pada era 1970-an.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: HUT Gianyar ke-252, seluruh kades tampilkan Drama Gong