Rektor: UMY kembangkan program sesuai kebutuhan global

id umy

Rektor: UMY kembangkan program sesuai kebutuhan global

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof Dr Gunawan Budiyanto menyampaikan laporan Milad Ke-42 UMY di Yogyakarta, Jumat (12/5/2023) (ANTARA/HO-UMY)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke depan akan terus memperhatikan tantangan dan peluang yang ada serta terus berupaya untuk mengembangkan program-program yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan global, kata Rektor UMY Prof Dr Gunawan Budiyanto.

"Dalam isu Sustainable Development Goals (SDGs), UMY juga berkomitmen dan berkontribusi untuk mewujudkan SDGs melalui catur dharma serta mendorong dan mendukung penelitian dan pengembangan inovasi yang berorientasi pada kemanusiaan universal," katanya pada Milad Ke-42 UMY di Yogyakarta, Jumat.

Gunawan juga mengatakan jika UMY saat ini berfokus menjadi Research Excellence University. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya riset dan inovasi yang dilakukan oleh civitas academika UMY itu sendiri. Dibangunnya pusat riset UMY juga salah satu langkah upaya UMY dalam mewujudkan cita-cita tersebut. 

"Saat ini sudah dibangun gedung pusat riset dan inovasi Dasron Hamid. Hal ini diharapkan agar segala riset yang dilakukan dosen maupun mahasiswa UMY menjadi terpusat dan mempermudah civitas academika dalam berinovasi dalam bidang teknologi khususnya," kata Gunawan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir dalam pidato Milad Ke-42 UMY mengatakan segala pencapaian UMY baik di kancah nasional maupun internasional pada usia 42 tahun ini adalah proses akumulatif dari kemajuan yang telah diraih atas semangat gotong royong seluruh elemen UMY.

"Semangat untuk saling maju dan semangat membangun untuk menjadi institusi pendidikan yang berkualitas," kata Haedar.

Ia juga menambahkan jika 42 tahun UMY mampu bertahan dan tetap berdiri itu juga karena kemampuan para pemangku UMY dan jajarannya dalam membaca situasi.

Meskipun baru 42 tahun berdiri, kata dia, UMY mampu memberikan kemajuan yang signifikan, mulai  dari kepemimpinan rektor-rektor terdahulu hingga saat ini.

"Ini juga menunjukkan kepiawaian para pemangku UMY beserta jajarannya dalam membaca situasi, berbenah, dan terus mengembangkan kualitas UMY itu sendiri," kata Haedar.