CIptakan SDM kompeten, Kemenperin cetak pelatih tempat kerja

id Kemenperin, bpsdmi, kadin, pelatihan pelatih tempat kerja, in-company trainer, sdm industri, industri 4.0, bpsdmi kemenp

CIptakan SDM kompeten, Kemenperin cetak pelatih tempat kerja

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Masrokhan. (ANTARA/HO Kementerian Perindustrian)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) bersinergi dengan Kadin Indonesia, S4C Swisscontact, IHK Trier Jerman, GIZ, dan Ekonid, menyelenggarakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (In-Company Trainer) Internasional Kualifikasi Dasar Batch 2 di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Program ini telah berjalan sejak tahun 2018 dengan total peserta mencapai 280 orang dari 15 batch kualifikasi dasar dan 14 batch kualifikasi master,” kata Kepala BPSDMI Kemenperin Masrokhan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI) Kemenperin Emmy Suryandari menyampaikan, Pelatihan Pelatih Tempat Kerja ini adalah bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan sistem ganda yang selama ini dilakukan guna menciptakan SDM industri yang siap kerja dan berdaya saing global.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik pelatih tempat kerja dengan sertifikasi internasional dari Ekonid Jerman. Sehingga, pelatih tempat kerja di industri mampu menjadi pembimbing siswa/mahasiswa praktik kerja industri dengan baik, efektif, dan efisien,” jelas Emmy.

BPSDMI terus mendorong penyiapan pelatih tempat kerja yang dibekali dengan kemampuan pedagogi dan sertifikasi internasional guna memastikan penyelenggaraan praktek kerja industri atau magang yang berkualitas di perusahaan industri.

Pada tahun 2023, BPSDMI telah menyelenggarakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja batch 1 yang dilaksanakan pada 6-12 Maret 2023 di Tangerang dan diikuti oleh 20 orang peserta dari perusahaan mitra industri unit BPSDMI.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenperin cetak pelatih tempat kerja ciptakan SDM kompeten
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024