Gunungkidul membangun dua jalan di Patuk dukung objek wisata Nglanggeran

id Gunungkidul ,DPUPRKP Gunungkidul

Gunungkidul membangun dua jalan di Patuk dukung objek wisata Nglanggeran

Bupati Gunungkidul meletakkan batu pertama pembangunan jalan di Patuk. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan perbaikan dua ruas jalan yang berada di Kapanewon Patuk, yakni ruas Sambipitu-Tawang dan ruas jalan Kalipentung-Nglanggeran untuk dukung objek wisata Nglanggeran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Irawan Jatmiko di Gunungkidul, Kamis, mengatakan pengerjaan penanganan long segment yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

“Dua ruas jalan ini nantinya menghabiskan anggaran Rp5,2 miliar,” kata Irawan Jatmiko.

Ia mengatakan ruas jalan Sambipitu- Tawang dengan panjang penanganan 5,4 kilometer menelan anggaran Rp2,63 miliar. Sementara ruas jalan Kalipentung - Nglanggeran dengan panjang 4 kilometer menghabiskan biaya Rp2,62 miliar.

“Lingkup pengerjaan meliputi pengaspalan, pengerjaan pasangan batu, pekerjaan bahu jalan, dan marka jalan,” katanya.

Irawan memaparkan ruas jalan ini akan dikerjakan selama 120 hari kalender. Seluruh sumber dana pelaksanaan paket pekerjaan perbaikan jalan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023.

“Semua pengerjaan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan dua ruas jalan ini merupakan proyek vital. Terlebih merupakan akses wisatawan menuju destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Tentunya akan mempermudah akses masyarakat sekitar dan berdampak pada perkembangan wisatawan, harapan kita demikian,” katanya.

Sunaryanta meminta perangkat kapanewon untuk mengedepankan pemberdayaan masyarakat. Utamanya memanfaatkan Nglanggeran dengan segala potensi dan perkembangan yang ada.

“Nglanggeran ini tengah menjadi magnet yang akan banyak menarik investor. Sehingga kami berhadap kepada masyarakat untuk tetap menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.