Dishub Bantul mencegah kendaraan berhenti di Jembatan Kretek II

id Jembatan Kretek II ,Dishub Bantul ,Antisipasi kendaraan berhenti

Dishub Bantul mencegah kendaraan berhenti di Jembatan Kretek II

Jembatan Kretek II di Jalur Jalan Lintas Selatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/Hery Sidik

Bantul, DIY (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencegah pengendara berhenti di atas Jembatan Kretek II, yang berada di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), pada libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah.

"Kita tentunya memantau arus lalu lintasnya saja, untuk antisipasi ke sana. Karena sudah jelas larangannya, bahwa tidak boleh ada yang berhenti di Jembatan Kretek II," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi di Bantul, DIY, Kamis.

Jembatan Kretek II membentang di atas aliran Sungai Opak dan menghubungkan objek wisata pantai selatan Bantul, yang diresmikan Presiden Jokowi awal Juni 2023 tersebut telah menjadi bangunan ikonik di Bantul serta menjadi daya tarik wisatawan.

Menurut dia, larangan pengguna jalan atau masyarakat tidak berhenti di tengah jembatan, selain agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas juga meminimalkan beban di atas jembatan.

"Kemudian, yang kedua juga akan diimbau untuk tidak berhenti di jembatan, karena jelas itu nanti bisa menambah kemacetan dan membebani jembatan, terutama bagi kendaraan kendaraan berat," katanya.

Singgih juga mengatakan pemerintah daerah, Satker Jembatan Kretek II, dan pihak kecamatan bersama warga setempat sudah melakukan mediasi agar tidak boleh ada pedagang yang berjualan di bahu jalan, agar tidak ada yang berhenti di jembatan.

"Sudah dimediasi dari Satker Jembatan Kretek II, kemudian dari kecamatan dengan warga Satpol PP juga sudah ada kesepakatan bahwa tidak ada masyarakat yang berjualan di bahu bahu jalan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat dan pedagang mematuhi kesepakatan tersebut dengan tidak beraktivitas di sekitar Jembatan Kretek II untuk keselamatan dan keamanan bersama.

"Kemudian kalau untuk penertiban pedagang di sekitar Jembatan Kretek II kemarin itu juga sudah dilakukan oleh Satpol PP," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024