Masyarakat antusias tonton tari kolosal Glipang

id hari anak nasional,tari kolosal glipang,HAN di Probolinggo

Masyarakat antusias tonton tari kolosal Glipang

Ratusan guru menari Glipang dan Rerere dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional di Alun-Alun Kota Kraksaan, Probolinggo, Minggu (23/7/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Tari kolosal Glipang dan Tari Rerere memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 IGTKI-PGRI di Alun-Alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (23/7).

Tari Glipang kolosal itu melibatkan sebanyak 350 guru TK se-Kabupaten Probolinggo dan Tari Rerere melibatkan sebanyak 250 guru PAUD dari Himpaudi Kabupaten Probolinggo.

"Tari kolosal Glipang dan Rerere merupakan wujud nyata kepedulian untuk melestarikan seni budaya leluhur. Semoga dapat diteruskan di sekolah dan lingkungan sekitarnya," kata Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo, Senin.

Menurut dia, penampilan tari kolosal Glipang dan Rerere sungguh luar biasa, terlebih tarian itu dibawakan dengan kompak oleh guru-guru TK dan PAUD se-Kabupaten Probolinggo.

"Saya sampai menitikkan air mata karena bagus dan kompaknya penampilan tari kolosal itu," tuturnya.

Sementara Ketua IGTKI-PGRI Kabupaten Probolinggo Abdul Hapi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para guru TK dan PAUD sehingga pelaksanaan tari kolosal dapat berjalan dengan lancar.

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024