Rumah tahan gempa limbah batu bara dirilis ITS-PLN

id ITS,PLN,struktur rumah tahan gempa,faba

Rumah tahan gempa limbah batu bara dirilis ITS-PLN

Dosen ITS saat mempraktikkan pembuatan beton dan bata ringan dari FABA. ANTARA/HO-Humas ITS

Surabaya, Jatim (ANTARA) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama PT PLN (Persero) meluncurkan struktur rumah tahan gempa yang terbuat dari limbah debu batu bara (fly ash bottom ash/FABA) bernama BIMA (Bangunan Instan Modular Sederhana).

"Inovasi ini menjadi terobosan cerdas mengenai penggunaan debu hasil limbah PLN," kata Manajer Senior Transfer Teknologi Office Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi ITS Ary Bachtiar dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Jatim, Rabu.

Ary menjelaskan inovasi ini bukan hanya sekadar solusi lokal, tapi juga memiliki potensi untuk berlanjut ke daerah-daerah lain.

"Melalui pelatihan ini, nantinya masyarakat dapat mengembangkannya sendiri, sehingga membuka peluang dalam meningkatkan perekonomian secara berkelanjutan," kata dosen Teknik Mesin ITS itu.

Manager Business Support PT PLN Nusantara Power UP Paiton Sukarno menyebutkan bahwa inovasi BIMA ini memainkan peran penting dalam mengurangi limbah serta meningkatkan efisiensi pengolahan limbah di lingkungan PLN.

Inovasi ini juga mampu menghadirkan produk ekonomis yang ramah lingkungan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ITS-PLN luncurkan rumah tahan gempa dari limbah debu batu bara