Kemenkumham DIY hadirkan layanan AHU-KI hingga hasil karya WBP di Bantul Creative Expo 2023

id kemenkumham DIY

Kemenkumham DIY hadirkan layanan AHU-KI hingga hasil karya WBP di Bantul Creative Expo 2023

Kemenkumham DIY Hadirkan Layanan AHU-KI hingga Hasil Karya WBP di Bantul Creative Expo 2023, Kamis (ANTARA/HO/Kemenkumham DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY menghadirkan sejumlah layanan publik di Bantul Creative Expo 2023. Hal ini sebagai upaya Kanwil Kemenkumham DIY mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat. 
 
Bantul Creative Expo dilaksanakan di Pasar Seni Gabusan dan dibuka secara langsung oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kamis (27/7/2023). Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto mengajak masyarakat, termasuk para pegiat UMKM, untuk memanfaatkan layanan dari Kanwil Kemenkumham DIY. 
 
"Hadirnya layanan AHU, KI, Keimigrasian, dan Pemasyarakatan ini adalah upaya kami untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Mari kita sama-sama memanfaatkannya," ujar Agung. 
 
"Mudah-mudahan masyarakat bisa terbantu dengan kemudahan-kemudahan dan manfaat yang diberikan dari pelayanan ini," lanjutnya. 
 
Kanwil Kemenkumham DIY menghadirkan layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) seperti layanan Perseroan Perorangan, Apostille, dan konsultasi terkait berbagai layanan AHU; layanan Kekayaan Intelektual seperti merek, paten, hak cipta, dan konsultasi layanan lainnya; layanan konsultasi paspor dari Keimigrasian; hingga hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari berbagai UPT Pemasyatakatan di DIY yang bisa diakses secara langsung oleh masyarakat di lokasi expo. 
 
Masyarakat juga dapat membeli hasil karya WBP yang ada di stand Kanwil Kemenkumham DIY, seperti Bakpia Mbah Wiro 378, berbagai produk kerajinan kulit, kain batik tulis, hingga kentongan ukir.  
 
Kakanwil juga turut mendampingi Bupati Bantul saat mengunjungi stand layanan Kanwil 
Kemenkumham DIY. Bupati Bantul mencicipi Bakpia Mbah Wiro 378 dari Lapas Kelas IIA Yogyakarta, dan mendapatkan penjelasan terkait layanan Perseroan Perorangan yang bermanfaat bagi UMKM. 
 
Bantul Creative Expo berlangsung pada 27 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Acara ini mewadahi kreativitas masyarakat Bantul dan menjadi sarana UMKM untuk naik kelas. 
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Pemasyarakatan Gusti Ayu Putu Suwardani, serta Tim Pelayanan Hukum, Pemasyarakatan, dan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DIY.