Polri disarankan tugaskan Putra Sambo di Jambi

id Anak ferdy sambo, putra ferdy sambo, tribrata putra, brigadir joshua, mabes polri, pakar psikologi forensik, reza indrag

Polri disarankan tugaskan Putra Sambo di Jambi

Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel. ANTARA/Dewanto Samodro/aa.

Jakarta (ANTARA) -
Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel menyarankan agar Polri menempatkan Tribrata Putra, anak Ferdy Sambo, bertugas melayani masyarakat di wilayah Jambi sebagai perpanjangan tangan orang tuanya yang sempat meminta maaf kepada orang tua Almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.
 
"Sangat elok jika Polri mempertimbangkan untuk menugaskan anak FS (Ferdy Sambo) agar bisa melayani masyarakat di wilayah tempat keluarga mendiang Josua," kata Reza dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
 
Menurut Reza, dengan penempatan Tribrata Putra di wilayah Jambi dimungkinkan terjadi "restorative justice" yang hakiki.
 
"Siapa tahu 'restorative justice' yang hakiki akan berlangsung di situ, yaitu anak FS menjadi perpanjangan tangan orang tuanya yang sempat meminta maaf kepada keluarga mendiang Josua," katanya.
 
Terkait anak ketiga mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo itu diterima sebagai anggota Polri Tahun 2023, Reza teringat akan peran Seto Mulyadi atau Kak Seto saat memberikan pendampingan kepada putra dan putri Ferdy Sambo.
 
"Saya teringat dulu ketika Kak Seto mengimbau publik agar jangan menghujat anak-anak Ferdy Sambo," kata Reza.
 
Reza mengingatkan publik apa yang disampaikan Kak Seto kala itu bahwa anak-anak tak terkecuali anak Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi berhak dilindungi dari tindak kekerasan dan diskriminasi.
 
"Saya juga menerima kabar, Kak Seto dan kawan-kawan ke Mako Brimob dan Magelang," kata Reza.
 
 
Menurut Reza, anak Ferdy Sambo kemudian bisa melalui tahap seleksi Akpol yang sangat ketat dan berat. Hal ini membuktikan bahwa anak Ferdy Sambo tetap mampu bertahan di tengah situasi sulit.
 
"Dalam bahasa psikologi, anak FS punya daya lenting dalam situasi kritis," ujarnya.

Reza menyampaikan kemampuan anak Ferdy Sambo beradaptasi dalam situasi sulit (resiliensi) dihasilkan dari keberpihakan Kak Seto kepada anak-anak.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar sarankan Polri tempatkan Putra Sambo bertugas di Jambi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024