Puluhan pengungsi dijadikan kader kesehatan migran

id Unusa, pengungsi, kader kesehatan migran, pelatihan buat pengungsi

Puluhan pengungsi dijadikan kader kesehatan migran

Dosen Unusa saat melatih para pengungsi menjadi kader kesehatan di kampus setempat, Rabu (2/8/2023). (ANTARA/HO-Humas Unusa)

Surabaya (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membagi ilmu kepada 29 pengungsi menjadi kader kesehatan bagi sesama migran lewat Pelatihan Psychological Firs Aid, Basic Life Support, dan Kegawatdaruratan di kampus setempat, Rabu.

29 pengungsi tersebut berasal dari Afghanistan, Pakistan, Iran, Somalia, Sudan, dan Myanmar.

"Kegiatan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional 2023 yang bekerja sama dengan International Organization for Migration (IOM)," kata Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) FK Unusa, dr. Hafid Algristian, Sp.KJ., di sela kegiatan.

Hafid menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader kesehatan migran atau pengungsi pada bidang kesehatan jiwa, fisik, dan keluarga.

"Selain ilmu terkait kesehatan jiwa, fisik, dan keluarga. Mereka belajar dan praktik secara langsung dalam pertolongan pertama pada kasus-kasus gawat darurat jiwa, fisik, dan keluarga," ujarnya.

Pria yang juga sebagai dosen Fakultas Kedokteran Unusa ini menambahkan para pengungsi diberikan materi serta cara deteksi dini pada kasus-kasus kesehatan jiwa, fisik, dan keluarga.

Selain itu, mereka diberi pengetahuan untuk melakukan rujukan dan pendampingan ke sentra kesehatan terdekat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: FK Unusa berbagi ilmu kepada 29 pengungsi jadi kader kesehatan migran