Perempuan harus berperan dalam pembangunan desa

id Mendes PDTT ,Peran perempuan ,Pembangunan desa

Perempuan harus berperan dalam pembangunan desa

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar memberikan sambutan dalam peresmian Desa Wisata Pantai Cemara Gampong Lingka Kuta, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireun, Sabtu (5/8/2023). (ANTARA/HO-Kemendes PDTT)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta pemerintah desa untuk lebih melibatkan perempuan dalam pembangunan desa.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menilai perempuan memiliki ketelitian lebih tajam yang dapat memberikan pengaruh besar, salah satunya terhadap pemanfaatan keuangan sehingga tidak disalahgunakan.

"Libatkan sebanyak-banyaknya perempuan dalam proses pembangunan," ujar Gus Halim, demikian ia biasa disapa saat meresmikan Wisata Pantai Cemara di Desa Lingka Kuta, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Aceh.



Menurutnya, pembangunan yang melibatkan perempuan sering kali tertib dan bagus karena perempuan cenderung hati-hati dibandingkan laki-laki.

Gus Halim juga menilai, peran perempuan dalam pembangunan menjadi hal penting karena masuk sebagai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Global kelima, yakni kesetaraan gender, dan SDGs Desa tujuan kelima yakni keterlibatan perempuan desa.

"Diharapkan tidak ada lagi ketimpangan gender sehingga perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki untuk berkontribusi sesuai perannya," tuturnya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendes PDTT minta perempuan lebih dilibatkan dalam pembangunan desa