Kader Digital Desa Cerdas dongkrak tradisi baca warga desa di Indonesia

id Kader Digital Desa,Perpustakaan Digital Desa,Tradisi Membaca Desa,Mendes PDTT,Bimtek Kader Digital,desa digital,kemendes

Kader Digital Desa Cerdas dongkrak tradisi baca warga desa di Indonesia

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat membuka Bimbingan Teknis Kader Digital Desa Cerdas Fase III Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (31/5/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengharapkan para Kader Digital Desa Cerdas dapat mengimplementasikan hasil bimbingan teknis, antara lain untuk meningkatkan tradisi membaca warga desa.
 
"Harapannya, kebiasaan atau tradisi membaca harus ditingkatkan lagi oleh Kader Digital Desa Cerdas, karena salah satu upaya meningkatkan kecerdasan itu adalah membaca, membaca, dan membaca," kata pria yang akrab disapa Gus Halim itu saat membuka Bimbingan Teknis Kader Digital Desa Cerdas Fase III Tahun 2024 di Jakarta, Jumat.
 
Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan keberadaan perpustakaan-perpustakaan digital di desa yang terwujud berkat kerja sama antara  Kemendes PDTT dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.
 
Lebih lanjut Gus Halim menyampaikan upaya peningkatan tradisi membaca bernilai penting bagi warga desa agar mereka mampu mencermati sekaligus menangani berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari mereka.
 
 
"Orang kalau tidak mau membaca dalam artian yang luas, membaca tulisan, situasi, alam, lingkungan, dan seterusnya, dia akan tumpul. Nah ketika tumpul, maka tidak akan pernah memiliki kemampuan untuk mencermati dan menangani berbagai permasalahan yang ada," kata Gus Halim.
 
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendes: Kader Digital Desa Cerdas dongkrak tradisi membaca warga desa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024