Jepang lepas air radioaktif Fukushima

id pembuangan air radiaktif Jepang,PLTN Fukushima

Jepang lepas air radioaktif Fukushima

Anggota kelompok sipil Korea Selatan mengambil bagian dalam pertemuan untuk menyuarakan penentangan terhadap rencana pembuangan air limbah radioaktif Jepang dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke Samudra Pasifik, di Seoul tengah, Korea Selatan, (8/7/2023). (Xinhua /Wang Yiliang)

Tokyo (ANTARA) - Jepang sedang mempertimbangkan untuk memulai pelepasan air radioaktif yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke laut antara akhir Agustus dan awal September, meskipun nelayan lokal dan beberapa negara menentang rencana itu.

Pemerintah Jepang diperkirakan akan menentukan tanggal spesifik untuk mulai membuang air radioaktif setelah Perdana Menteri Fumiko Kishida kembali dari pertemuan puncak trilateral dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan yang akan diadakan di Camp David dekat Washington, 20 Agustus mendatang.

Kishida disebut-sebut akan menjelaskan rencana pembuangan air dari Fukushima kepada Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, dalam pertemuan puncak pada 18 Agustus 2023, kata sumber-sumber pemerintah Jepang.

Kishida mengatakan dia akan mengadakan pembicaraan puncak dengan Biden dan Yoon secara terpisah. Dia bermaksud untuk mencari pemahaman mereka tentang rencana tersebut, kata sumber tersebut.

Pemerintah juga harus mempertimbangkan dimulainya kembali penangkapan ikan menggunakan pukat di Prefektur Fukushima mulai September.

Rencana pembuangan air radioaktif ke laut telah disetujui oleh Pemerintah Jepang pada April 2021, di bawah pemerintahan Perdana Menteri Yoshihide Suga kala itu.

Pada Senin, Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada perubahan dalam rencana tersebut.

Pemerintah telah mempertimbangkan waktunya sejak Badan Energi Atom Internasional mengatakan dalam laporan akhirnya pada awal Juli bahwa pembuangan yang direncanakan akan memenuhi standar keamanan global.

Sumber: Kyodo


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jepang pertimbangkan tanggal pembuangan air radioaktif Fukushima
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024