Museum Joang 45 ajak pemuda Napak Tilas Proklamasi

id Proklamasi,Gedung Joang 45,HUT RI,Napak Tilas Proklamasi ,Museum Perumusan Proklamasi ,Bung Karno

Museum Joang 45 ajak pemuda Napak Tilas Proklamasi

Sejumlah pelajar menjadi peserta pawai Napak Tilas Proklamasi yang diselenggarakan Museum Joang 45 dalam rangka memperingati HUT Ke-78 RI di Jakarta, Rabu (16/8/2023). ANTARA/Sasti

Jakarta (ANTARA) - Museum Joang 45 menyelenggarakan pawai Napak Tilas Proklamasi yang diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan untuk memperingati HUT Ke-78 Republik Indonesia.

Kepala Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Esti Utami selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut mengatakan, Napak Tilas Proklamasi merupakan acara rutin yang dilaksanakan sejak 1981.

"Kegiatan Napak Tilas Proklamasi ini bertujuan mengenang kembali peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia dan memberikan pemahaman kepada para peserta khususnya pada generasi muda akan nilai-nilai perjuangan," kata Esti di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Esti menjelaskan, Napak Tilas Proklamasi ini kembali digelar pada 2023, setelah ditunda penyelenggaraannya karena pandemi COVID-19 atau selama 3 tahun terakhir.

Adapun ratusan peserta yang mengikuti pawai tersebut antara lain pelajar SMP, SMA dan SMK, Komunitas Sepeda Ontel Batavia dan Klub Harley Davidson.

Sebelum memulai perjalanan untuk pawai, acara dibuka dengan tarian tradisional dari Sanggar Tari Padmadwipa, menyanyikan bersama Indonesia Raya, hingga penampilan teatrikal tentang peristiwa Proklamasi dari Bukan Bengkel Teater.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Museum Joang 45 selenggarakan Napak Tilas Proklamasi jelang HUT RI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024