Menparekraf: Ngawi harus tetapkan ekraf unggulan

id Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Menparekraf Sandiaga,Menparekraf Sand

Menparekraf: Ngawi harus tetapkan ekraf unggulan

Menparekraf Sandiaga Uno berfoto bersama pelaku ekraf dalam acara "Workshop KaTa Keratif" di Pendopo Wedya Graha, Ngawi, Jawa Timur, Jumat (15/9/2023). ANTARA/HO-Kementerian Parekraf

Ngawi (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, untuk menetapkan subsektor ekonomi kreatif unggulan yang akan memperkuat posisi Kabupaten Ngawi sebagai Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia.

"Jadi, kami ingin mengundang Bupati Ngawi beserta seluruh jajarannya untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif dalam menetapkan sektor yang menjadi unggulan di wilayah Ngawi," kata Menparekraf Sandiaga saat hadir pada acara "Workshop KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif" di Pendopo Wedya Graha, Ngawi, Jawa Timur, Jumat.

Menurut dia, Kabupaten Ngawi memiliki beragam potensi ekonomi kreatif, namun sampai saat ini belum melakukan kegiatan uji petik.

Adapun, uji petik perlu dilakukan mengingat ekonomi kreatif merupakan pendongkrak dan lokomotif kebangkitan ekonomi. Utamanya dalam memenuhi target pencapaian lapangan kerja sebanyak 4,4 juta di tahun 2024 karena 97 persen penciptaan lapangan kerja dihasilkan oleh UMKM ekonomi kreatif.

Menteri Uno menjelaskan bahwa program Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) dilakukan untuk mengetahui dan menetapkan subsektor ekraf yang bisa menjadi unggulan daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing kabupaten/kota di Indonesia.

Salah satu keunggulan dari Kabupaten Ngawi adalah sebagai sentra padi terbesar di kawasan Jawa Timur yang melahirkan pertanian organik. Dan yang menarik, sektor pertanian di dalamnya melibatkan petani-petani muda yang disebut dengan petani milenial.

Hal itu mendapat apresiasi khusus dari Menparekraf Sandiaga karena sesuai dengan arah pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan lingkungan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf dorong Kabupaten Ngawi tetapkan subsektor ekraf unggulan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024