Pemandu ekowisata diedukasi agar ramah wisatawan

id pemandu wisata,ekowisata,bone bolango,gorontalo

Pemandu ekowisata diedukasi agar ramah wisatawan

Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli memberikan arahan pada pelatihan pemandu ekowisata yang diikuti oleh 40 peserta, di Kota Gorontalo, Gorontalo. ANTARA/HO-Diskominfo Bone Bolango

Bone Bolango (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bone Bolango menggelar pelatihan pemandu ekowisata yang diikuti oleh 40 peserta di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli, di Gorontalo, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut telah dimulai sejak 18 September dan berakhir pada 22 September nanti.

"Pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata sangat menginginkan setiap objek wisata dikelola dengan baik, kebersihan dan lingkungannya," ujar Merlan.

Ia menjelaskan, pemandu wisata harus ramah dan memahami tugas dan fungsi sebagai tuan rumah di objek wisata tersebut. Bagaimana melayani masyarakat yang datang dan paling penting dari itu harus mendapatkan retribusi berupa pendapatan asli daerah (PAD), katanya pula.

Sesungguhnya, kata Merlan, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berharap besar dari objek-objek wisata yang ada untuk bisa meningkatkan PAD.

"Kita ini kaya, kaya oleh objek wisata, tapi sayangnya PAD yang kita dapatkan di situ belum sesuai dengan apa yang kita harapkan," ujar Merlan.

Merlan ingin kegiatan pelatihan pemandu ekowisata tersebut dapat meningkatkan pengunjung di objek wisata, bagaimana lingkungan alamnya tetap terjaga dan bagaimana juga kenyamanan dari pengunjung.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024