Relevan dengan geopolitik terkini, pidato Soekarno di PBB

id Pidato Sukarno,Geopolitik,to Build the World Anew,ANRI

Relevan dengan geopolitik terkini, pidato Soekarno di PBB

Pelaksana Tugas Kepala ANRI Imam Gunarto (kanan) bersama Pakar Geopolitik Indonesia Hasto Kristiyanto (kiri), pada acara seminar memperingati pidato Presiden Sukarno di Majelis Umum PBB yang ke-63 di Gedung ANRI, Jakarta Barat, pada Sabtu (30/9/2023). (ANTARA/HO-ANRI)

Jakarta (ANTARA) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memperingati penyampaian pidato Presiden Sukarno di Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ke-63, dan menyampaikan bahwa pidato tersebut masih relevan dengan peta geopolitik Indonesia saat ini.

Pidato yang disampaikan pertama kali pada 30 September 1960 oleh Proklamator tersebut berjudul “Membangun Dunia yang Baru” atau “to Build the World Anew”.

“Pidato Presiden Sukarno tersebut sangat monumental di dunia internasional dan menjadi fondasi politik kebangsaan serta politik luar negeri Indonesia,” kata Pelaksana Tugas Kepala ANRI Imam Gunarto dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Imam menjelaskan, arsip otentik pidato yang tersimpan dengan baik di Gedung ANRI, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat ini menyimpan memori kolektif bangsa tentang kondisi geopolitik yang pada saat itu menjadi inspirasi pemikiran dunia internasional.

“63 tahun lalu, tepat pada hari Jumat, 30 September 1960, menjelang pukul 3 sore, Presiden Sukarno bersama delegasi memasuki ruangan sidang umum PBB ke-15, pada sidang paripurna ke-880, untuk menyampaikan pidato yang sangat monumental, saat itu detik-detik bersejarah tentang geopolitik Indonesia tersemat abadi dalam monumen pemikiran internasional, ujar dia.

Pidato tersebut, lanjut Imam, menjadi fondasi kokoh untuk membangun politik luar negeri dan politik kebangsaan Indonesia.

“Pidato yang berdurasi 122 menit tersebut telah memberikan inspirasi bagi seluruh peserta sidang yang merupakan perwakilan pimpinan dunia, untuk mendirikan gerakan non-blok demi dunia yang lebih baik,” ucapnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANRI: Pidato Sukarno di Majelis PBB relevan dengan geopolitik saat ini
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024