Menteri kabinet kenakan batik di "Istana Berbatik"

id menteri kabinet indonesia maju,istana berbatik,menlu retno marsudi,menkeu sri mulyani

Menteri kabinet kenakan batik di "Istana Berbatik"

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ditemui usai acara "Istana Berbatik" di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu malam (1/10/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Para menteri Kabinet Indonesia Maju turut tampil memeriahkan acara “Istana Berbatik”, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Dalam pagelaran yang diselenggarakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu malam, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hadir memakai batik berwarna hitam dilengkapi aksesoris leher berbentuk bunga.

“Jadi ini batik temanya peksi asmoro kupu. Ini adalah simbol keindahan cinta kasih serta sikap saling menuntun dan mengayomi,” ujar Menlu Retno kepada wartawan.

Dia mengaku memilih sendiri motif dan gaya berbusana batik rancangan Iwan Tirta itu.

“Saya sendiri, batiknya by Iwan Tirta,” tutur Retno.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tampak memakai batik dengan model blus yang dipadukan dengan bawahan rok warna cokelat-merah.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Sri Mulyani menjelaskan mengenai asal kata batik yaitu dari Bahasa Jawa amba yang berarti menulis dan juga kata titik.

“Kata ambatik memiliki arti sebuah kain yang memiliki banyak titik. Akhiran dari kata batik ‘tik’ bermakna titik atau ujung canting yang digunakan membuat sebuah titik kemudian ditarik menjadi corak cantik,” demikian keterangan foto yang diunggah Sri Mulyani.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Para menteri kabinet turut meriahkan “Istana Berbatik”

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024