Apa itu laman "AMI ETHNIC", ini penjelasannya

id AMI ETHNIC,Laman Alat Musik Tradisional,Alat Musik Tradisional,Kemendikbudristek RI,Yayasan Anugerah Musik Indonesia

Apa itu laman "AMI ETHNIC", ini penjelasannya

Jajaran perwakilan dari Kemendikbudristek RI dan YAMI saat meresmikan peluncuran laman "AMI ETHNIC" di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI bersama Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) resmi meluncurkan laman “AMI ETHNIC”, yakni portal informasi yang menyajikan berbagai hal tentang alat musik tradisional di Indonesia.

“Kemendikbudristek memberikan dukungan untuk program ini guna memberikan penguatan ekosistem musik tradisi, khususnya kita mencoba mendukung pembangunan ekonomi perajin alat musiknya,” kata perwakilan dari Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek RI Irni Wanda saat ditemui dalam acara peluncuran laman “AMI ETHNIC” di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu.

“AMI ETHNIC” merupakan laman yang digagas oleh YAMI sebagai bentuk dukungan mereka untuk menyejahterakan para perajin alat musik sekaligus melestarikan alat musik tradisional. Kehadiran laman ini sebagai bentuk penghargaan pemerintah dan komunitas musik terhadap perajin alat musik tradisional di Indonesia.

Di laman AMI ETHNIC, masyarakat dapat mengakses berbagai hal terkait alat musik tradisional, seperti jenis, sejarah, cara memainkan, hingga tempat untuk membeli atau menjual produk alat musik tradisional langsung dari perajinnya. Melalui laman ini, para pemain dan produsen alat musik tradisional dapat mengembangkan kualitasnya dalam bermusik, sehingga alat musik tradisional semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan, bukan tidak mungkin laman ini dapat menjangkau masyarakat luar negeri yang tertarik dengan alat musik tradisional khas Indonesia. Hal ini diharapkan alat musik tradisional Indonesia juga dapat bersaing di pasar musik global saat ini.

“Penghargaan kepada musisi dan musik tradisi tidak cukup hanya memberikan piala, tetapi memberikan kesempatan kepada mereka untuk lebih berkembang. Ini (AMI ETHNIC) bentuk penghargaan terhadap musisi dan musik tradisi Indonesia,” kata Ketua Umum YAMI Candra Darusman.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kehadiran "AMI ETHNIC" populerkan alat musik tradisional
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024