BKKBN-RSA UGM kerja sama medis layanan kontrasepsi

id kontrasepsi,RSA UGM,BKKBN

BKKBN-RSA UGM kerja sama medis layanan kontrasepsi

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo (kiri) bersama Direktur Utama Rumah Sakit Akademik UGM, DI Yogyakarta, Dr Darwito pada penandatanganan kerja sama medis terkait layanan kontrasepsi di Jakarta, Selasa (24/10/2023). (ANTARA/HO-BKKBN)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menandatangani perjanjian kerja sama dengan Direktur Rumah Sakit Akademik Universitas Gajah Mada (RSA UGM) Daerah Istimewa Yogyakarta Dr Darwito terkait teknis medis layanan kontrasepsi.

"Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam kerja sama, di antaranya yang teknis medis adalah pelayanan kontrasepsi dan di Yogyakarta banyak mahasiswa negeri maupun swasta yang bisa dipakai 'sasaran' untuk kegiatan pemasangan kontrasepsi yang bersifat positif," kata Hasto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Adapun isi kerja sama BKKBN dan RSA UGM tersebut tidak hanya tentang teknis medis pelayanan kontrasepsi, tetapi juga program-program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana nasional (Bangga Kencana) dan percepatan penurunan stunting.

Hasto menegaskan, BKKBN membutuhkan kerja sama dengan RSA UGM untuk memenuhi tenaga kesehatan yang dapat membantu audit kasus stunting.

“Jadi yang di RSA UGM kan tentu banyak ahlinya, ada ahli tumbuh kembang, ahli obgyn atau kandungan, ahli anak, psikolog, psikiater juga ada, dan di Yogyakarta serta Jawa Tengah ini memerlukan audit kasus stunting secara periodik dan terus-menerus, pendampingan untuk menurunkan kasus stunting,” ujarnya.

Ia melanjutkan, BKKBN juga membutuhkan pelatihan-pelatihan yang tidak hanya masalah teknis medis, tetapi juga terkait komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE).

Sementara itu, Direktur Utama RSA UGM Dr Darwito menyambut baik penandatanganan perjanjian kerja sama ini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKKBN jalin kerja sama medis layanan kontrasepsi dengan RSA UGM
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024