Gunung Merbabu terbakar, warga Dusun Ngaduman dievakuasi

id Kebakaran,Karhutla,Gunung merbabu

Gunung Merbabu terbakar, warga Dusun Ngaduman dievakuasi

Petugas BPBD Kabupaten Semarang membagikan masker kepada warga Dusun Ngaduman yang terdampak asap kebakaran lahan dan hutan Gunung Merbabu di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Semarang)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyatakan warga Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dievakuasi sebagai imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Merbabu.

“BPBD Kabupaten Semarang mengevakuasi warga Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan ke aula Balai Desa Batur karena asap pekat kebakaran menyebar hingga permukiman warga,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Kondisi terakhir hingga Sabtu (28/10) pukul 12.00 WIB api belum dapat dipadamkan sehingga untuk sementara waktu BPBD Kabupaten Semarang mengevakuasi warga tersebut ke aula Balai Desa Batur karena asap pekat kebakaran menyebar hingga permukiman warga.

Titik api pertama diketahui pada Jumat (27/10) pagi di wilayah Dusun Sokowulu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, yang pada akhirnya merembet ke arah bawah menuju wilayah Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan karena tiupan angin yang kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Semarang Mediarso mengatakan upaya pemadaman oleh tim gabungan dilaksanakan melalui jalur darat berupa penyemprotan air, pembuatan sekat bakar, dan gepyok atau memukulkan ranting dan dahan basah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: Warga Dusun Ngaduman dievakuasi imbas kebakaran Gunung Merbabu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024