Ini tips OIC usir orang utan tanpa menyakiti

id Orangutan,Teknik mengusir

Ini tips OIC usir orang utan tanpa menyakiti

Deputy Director Sustainable Landscape Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre Binur Dessy Naibaho dalam diskusi bertema, “Menjaga Orangutan, Menghidupkan Masa Depan” di Jakarta, Jumat (3/11/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Deputy Director Sustainable Landscape Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (OIC) Binur Dessy Naibaho mengatakan terdapat sejumlah teknik yang dapat digunakan untuk mengusir orang utan yang mengamuk tanpa menyakiti.

"Bisa mengusir pakai suara-suara yang keras, seperti memukul-mukul panci," kata Binur kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan teknik tersebut bertujuan untuk membuat kebisingan yang dapat menakuti. Selain itu, terdapat teknik lainnya seperti suara ledakan dari kembang api maupun meriam karbit.

Binur menggarisbawahi, yang paling penting adalah ledakan tersebut tidak diarahkan kepada orang utan. Penggunaan alat-alat tersebut hanya bertujuan untuk menciptakan kebisingan dan menakut-nakuti orang utan, bukan untuk menyakiti.

"Ada beberapa bentuk alat yang bisa digunakan untuk mengusir, dalam artian membuat takut sehingga orang utan-nya pergi dari situ," kata Binur.

Meskipun demikian, langkah yang paling tepat bagi masyarakat adalah tidak melakukan apa pun selain melaporkannya kepada petugas terkait.

"Tindakan paling tepat ya melaporkan kepada petugas terkait atau kepada OIC, misalkan. Kami punya timnya," kata Binur.

Setelah tiba di lokasi, tim OIC akan menentukan apakah orang utan tersebut hanya perlu diusir atau perlu diselamatkan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OIC bagikan teknik untuk mengusir orang utan tanpa menyakiti
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024