Kaesang jadi ketum, elektabilitas PSI naik

id PSI,Kaesang Pangarep, Pemilu 2024, SMRC,Saidiman Ahmad

Kaesang jadi ketum, elektabilitas PSI naik

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Jakarta (ANTARA) - Peneliti lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengungkap elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meningkatkan dalam sejumlah survei sejak Kaesang Pangarep menjabat sebagai ketua umum partai tersebut.
 
"Di survei Indikator masih 0,9, tapi di Populi sudah 2,3 persen. Kalau ada peningkatan, saya kira cukup wajar. Pertama, walaupun belum maksimal, tapi gerakan PSI sudah mulai terlihat pasca-kepemimpinan baru Kaesang Pangarep," kata Saidiman dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Selasa.
 
Selain itu, sosialisasi PSI melalui kampanye luar ruang juga terus bergerak. Menurutnya, atribut luar ruang PSI sudah terlihat sekitar 7 persen, sedangkan di televisi 11,2 persen.
 
"Menurut survei Indikator, sosialisasi PSI melalui atribut luar ruang sudah terlihat sekitar 7 persen sementara di televisi sudah 11,2 persen. Artinya, partai ini mulai bergerak, walaupun belum semasif partai-partai besar," tuturnya.
 
Selain itu, Saidiman melanjutkan, renggangnya hubungan Jokowi dan PDI Perjuangan juga bisa mempertegas posisi pendukung Jokowi di luar PDIP.
 
 
Menurutnya, pendukung Jokowi di luar PDIP menjadi ceruk yang cukup besar bagi partai seperti PSI untuk mendulang suara.
 
"Syaratnya adalah pergerakan sosialisasi yang masif dari mesin partai itu sendiri," ucapnya.
 

 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SMRC sebut elektabilitas PSI meningkatkan sejak Kaesang jadi ketum
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024