Dukung ekonomi hijau, gaya hidup ramah lingkungan

id Ekonomi hijau,gaya hidup,ramah lingkungan,green economy,blue economy

Dukung ekonomi hijau, gaya hidup ramah lingkungan

Arsip foto - Pegiat sepeda gunung dari komunitas Yeti Tribe Indonesia memacu sepedanya melintasi jalur sepeda Gunung Rinjani Pos 2 Sembalun di Lombok Timur, NTB, Sabtu (29/7/2023). Jalur sepeda gunung Pos 2 Gunung Rinjani-Sembalun dengan elevasi sekitar 1400 mdpl menyuguhkan petualangan bersepeda melalui padang savana dengan pemandangan pesona puncak Gunung Rinjani di sepanjang 12 km jalur yang dilalui. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom)

Jakarta (ANTARA) - Ekonom makroekonomi dan pasar keuangan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Teuku Riefky, M.Sc, mengatakan bahwa masyarakat dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan untuk mendukung ekonomi hijau.

“Praktik yang sejalan dengan komitmen penurunan emisi global,” ujar Teuku Riefky kepada ANTARA saat dihubungi melalui telepon dari Jakarta, Rabu (15/11) malam.

Selain melakukan praktek yang lebih ramah lingkungan, Teuku Riefky juga mengatakan bahwa masyarakat memiliki peran penting untuk mendorong atau memberi tekanan kepada pemerintah terkait implementasi kebijakan-kebijakan yang berlandaskan motivasi transisi iklim.

Dengan demikian, masyarakat dapat menuai keuntungan dari kesuksesan ekonomi hijau. Teuku Riefky mengatakan bahwa salah satu target ambisius dari pelaksanaan green economy atau ekonomi hijau adalah memperlambat atau bahkan menghilangkan perubahan iklim.

“Kalau perubahan iklim bisa diantisipasi dengan baik, tentu masyarakat sangat diuntungkan,” kata Teuku Riefky.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ekonom: Masyarakat dapat ubah gaya hidup guna dukung ekonomi hijau
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024