Tarik minat wisatawan, Pulau Onrust menjadi pusat eduwisata sejarah

id Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Dinas Kebudayaan DKI, Museum Arkeologi Pulau Onrust

Tarik minat wisatawan, Pulau Onrust menjadi pusat eduwisata sejarah

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan H Wardhana ditemui di Gedung Taman Ismail Marzuki Jakarta, Jumat (17/11/2023). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta mempersiapkan Pulau Onrust di Kepulauan Seribu menjadi pusat wisata sejarah yang menggabungkan unsur pendidikan dan rekreasi atau eduwisata sejarah.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan H Wardhana di Jakarta, Jumat, mengatakan salah satu upaya persiapan ditempuh dengan melanjutkan kembali penelitian arkeologi yang sempat terhenti puluhan tahun di pulau bersejarah itu.

Penelitian dilakukan melibatkan tim tenaga ahli budaya Dinas Kebudayaan Jakarta bekerja sama dengan pakar arkeologi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Jakarta.

Melalui penelitian yang sedang berlangsung tersebut, pihaknya mengharapkan bisa mendapatkan lebih banyak data, fakta sejarah era kolonial yang terpendam di pulau paling utara Jakarta itu.

"Fakta sejarah yang didapatkan adalah modal kita yang salah satunya untuk menjalankan eduwisata Pulau Onrust," kata dia.

Berdasarkan informasi terbaru dari tim arkeologi, katanya, mereka telah menemukan dugaan peninggalan kolonial yang di antaranya sisa fondasi benteng besar pertahanan VOC (1600 Masehi).

Penemuan ini selanjutnya akan ditelaah lebih jauh untuk membuktikan kebenaran benteng besar itu apakah sama dengan yang digambarkan dalam peta buatan JW Heiydt pada 1744.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pulau Onrust disiapkan jadi pusat eduwisata sejarah di Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024