Enam seniman dan budayawan di Sleman dianugerahi penghargaan

id Anugerah Kebudayaan Sleman ,Dinas Kebudayaan Sleman ,Seniman budayawan Sleman,Kabupaten Sleman

Enam seniman dan budayawan di Sleman dianugerahi penghargaan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama para penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023 di Pendopo Parasyamnya Sleman, Sabtu (2/12/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan penghargaan kepada enam seniman dan budayawan pada Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023.

"Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan, sekaligus untuk mendorong partisipasi masyarakat sehingga bisa berperan secara aktif dalam pelestarian budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya di Sleman, Minggu.

Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023 tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kepada enam Seniman dan Budayawan Sleman dari enam kategori di Pendopo Parasyamnya Sleman, Sabtu (2/12).

Edy mengatakan, penghargaan Anugrah Kebudayaan Sleman diberikan kepada pihak yang berprestasi atau berkontribusi luar biasa sesuai dengan prestasi dan kontribusinya dalam Pemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sleman.

"Penetapan calon penerima penghargaan dilaksanakan melalui verifikasi dan penilaian terhadap usulan bakal calon penerima penghargaan yang masuk baik dari kapanewon (kecamatan), organisasi/kelompok masyarakat kebudayaan dan perorangan," katanya.

Ia mengatakan, usulan yang masuk kemudian dilakukan penilaian tim juri yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman nomor 36/Kep.Ka.Dinas Kebudayaan/2023.

"Terdapat enam kategori penghargaan Anugerah Kebudayaan yang diberikan kepada enam seniman dan budayawan," katanya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Niha Khoirunnisa kategori anak-anak beprestasi di bidang kebudayaan, Wahjudi Djaja kategori budayawan, Agus Sukina kategori kreator, Agus Budi Nugroho kategori pelestari/pelaku seni, Mbah Asih kategori pelestari/pelaku tradisi budaya dan Korem 0732/Pamungkas selaku pengelola Bangunan Cagar Budaya Wisma Kaliurang untuk kategori pelestari/pelaku warisan budaya atau cagar budaya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus memberikan dukungan serta perhatian terhadap kegiatan yang termasuk dalam pemajuan dan pelestarian Kebudayaan di Kabupaten Sleman.

Ia berharap, dengan adanya salah satu penerima penghargaan yang berasal dari kalangan generasi muda, kedepan estafet pelestarian kebudayaan di Sleman terus dilakukan regenerasi dari seniman senior kepada yunior.

"Semoga dengan penghargaan ini dapat memotivasi seniman Sleman untuk berkarya. Terlebih lagi ada salah satu penerima penghargaan dari generasi muda, sehingga diharapkan ada estafet dari seniman senior kepada seniman yunior dalam melestarikan kebudayaan di Kabupaten Sleman," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024