Perlu kembangkan diri, penyandang disabilitas produktif

id Disabilitas, teten masduki, kemenkop ukm, kemenkopukm, hari disabilitas internasional, karya tanpa batas, umkm, usia pro

Perlu kembangkan diri, penyandang disabilitas produktif

MenkopUKM Teten Masduki dalam sambutan di pembukaan Karya Tanpa Batas No One Left Behind di Jakarta, Minggu (3/12/2023). (ANTARA/Ade Irma Junida)

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki menyebutkan dari total 28,05 juta penyandang disabilitas, sebanyak 22 persen berada di usia produktif yang memerlukan akses untuk mengembangkan diri.
 
"Kalau kita lihat penyandang disabilitas itu datanya sekitar 28,05 juta orang, dan 22 persen di antaranya berada pada usia produktif. Oleh karena itu, ini harus bisa dilihat semua pihak sebagai suatu bagian untuk diberikan akses pendidikan, akses ke dunia usaha, akses seluas-luasnya," kata Teten dalam Karya Tanpa Batas No One Left Behind di Jakarta, Minggu.
 
Teten mengungkapkan para penyandang disabilitas perlu diberikan kesempatan dan peluang yang sama untuk bisa tumbuh dan berkembang baik sebagai manusia maupun sebagai wirausaha.
 
Ia pun mengakui para penyandang disabilitas memiliki talenta yang luar biasa di berbagai bidang mulai dari seni hingga wirausaha.
 
"Oleh karena itu kita perlu semua memberi ruang ke mereka, beri kesempatan, beri dukungan," katanya.
 
Teten pun mengapresiasi Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) yang berkomitmen penuh untuk mendukung inklusi dan pemberdayaan sahabat disabilitas.
 
Yayasan PTI sendiri mengembangkan pendekatan pemberdayaan terhadap masyarakat disabilitas dengan membangun ekosistem dan menyiapkan inkubator bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang.



Organisasi nirlaba itu juga menggandeng berbagai perusahaan besar yang bisa menjadi destinasi magang dan belajar para penyandang disabilitas.
 
"
MenkopUKM Teten Masduki berfoto bersama penari penyandang disabilitas di pembukaan Karya Tanpa Batas No One Left Behind di Jakarta, Minggu (3/12/2023). (ANTARA/Ade Irma Junida)
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Teten: Disabilitas usia produktif perlu akses kembangkan diri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024