"Jelajah Purba 2023" dongkrak wisata prasejarah

id jelajah purba 2023,jelajah purba di jember,situs megalitikum,HPI Jember,situs duplang, situs calok

"Jelajah Purba 2023" dongkrak wisata prasejarah

Pemandu wisata memberikan penjelasan terkait dengan situs megalitikum yang berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Minggu (10/12/2023). ANTARA/Zumrotun Solichah

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Kegiatan "Jelajah Purba 2023" yang diinisiasi oleh pelaku wisata dan didukung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember mengembangkan sektor wisata prasejarah yang berada di kawasan lereng Argopuro, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kegiatan Jelajah Purba yang diikuti wisatawan lokal tersebut mengunjungi situs megalitikum yakni Situs Duplang dan situs Calok di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, sambil berkeliling menikmati keindahan lereng Gunung Argopuro dan menyantap kuliner pedesaan, Minggu.

"Kami berkolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kamal, Pokdarwis Desa Panduman, UMKM, pelaku seni lokal dan didukung oleh Pemkab Jember ingin mengenalkan kekayaan budaya megalitikum Jember," kata Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Jember Hasti Utami di kabupaten setempat.

Menurut dia, fakta sejarah menyebutkan bahwa Jember menjadi bagian penyebaran kebudayaan megalitikum dan Dataran Tinggi Hyang (Argopuro-Raung) menjadi salah satu pusat persebaran situs-situs pada zaman prasejarah itu.

"Peninggalan megalitikum menjadi sangat menarik karena menjadi bukti nyata perjalanan peradaban manusia, namun sayangnya situs itu menjadi destinasi wisata yang kurang populer," tuturnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jelajah Purba kembangkan sektor wisata prasejarah di lereng Argopuro
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024