Bantul petakan Jalur Cinomati rawan kecelakaan saat liburan

id Dishub Bantul ,Jalur rawan kecelakaan ,Jalur Cinomati

Bantul petakan Jalur Cinomati rawan kecelakaan saat liburan

Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah memetakan sejumlah jalur wisata daerah ini, salah satunya Jalur Cinomati menghubungkan wilayah Pleret dengan Dlingo, yang rawan kecelakaan lalu lintas pada masa liburan akhir tahun 2023.

Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi, di Bantul, Rabu, mengatakan, untuk antisipasi pengamanan pada masa natal dan tahun baru, sudah berkoordinasi di dalam Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dengan polres, satuan polisi pamong praja (Satpol PP), dan stakeholder yang lain.

"Khususnya untuk jalur-jalur yang rawan kecelakaan, satu di antaranya yang kemarin sempat viral itu di Jalur Cinomati, kemudian jalur wisata yang naik dari Imogiri ke Mangunan (Dlingo), kemudian jalur jalur di sekitar objek wisata," katanya.

Dia mengatakan, khusus untuk di Jalur Cinomati, pihaknya sudah memetakan titik titik rawan yang sekiranya perlu dilakukan antisipasi, salah satunya dengan memasang dan melengkapi rambu rambu peringatan, agar pengendara yang melintas di jalur tersebut lebih berhati hati.

"Kemarin kami sudah memasang rambu peringatan di dua titik, kemudian di dalam 'google map' itu sudah kami lakukan labelisasi, artinya ketika orang membuka peta di Cinomati itu sudah ada label bahwa jalur tersebut sangat membahayakan atau rawan kecelakaan," katanya pula.

Dia mengatakan lagi, karena kalau untuk menghapus Jalur Cinomati sebagai jalur alternatif menuju kawasan wisata Mangunan dari Yogyakarta pada google map agar tidak dilintasi wisatawan yang tidak paham kondisi medan, sampai dengan saat ini belum memungkinkan.

Lebih lanjut dia mengatakan, kemudian untuk jalur wisata lainnya, Dishub Bantul menempatkan sejumlah personel di Jalur Imogiri mau naik ke Mangunan, kemudian juga jalur jalur menuju objek objek wisata di Bantul.

"Kami menerjunkan sebanyak 129 personel mulai 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024, petugas kami ada yang siaga di pos tertentu, juga ada yang 'mobile' memantau kepadatan lalu lintas," katanya lagi.
Baca juga: Polres larang kendaraan besar lintasi jalur Cinomati cegah kecelakaan
Baca juga: Dishub DIY mendukung jalur Cinomati Bantul dihapus dari Google Maps


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dishub Bantul memetakan Jalur Cinomati rawan kecelakaan saat liburan