Ini deretan mobil nonlistrik baru

id mobil baru 2023,mobil diluncurkan 2023,mobil baru diluncurkan 2023,mobil bensin 2023,chery omoda 5,omoda 5 gt,all new ho

Ini deretan mobil nonlistrik baru

Foto kolase dari Mitsubishi Xforce (atas), Chery Omoda 5 (tengah), All New Honda Civic Type R (bawah). (ANTARA/Pamela Sakina)

Jakarta (ANTARA) - Tahun 2023 menjadi tahun panas di industri otomotif, selain telah berdiri tegak pasca pandemi COVID-19, tahun ini, para Agen Pemegang Merek (APM) berlomba-lomba meluncurkan produk-produk terbaiknya.

Tak hanya merk-merk raksasa, sejumlah nama yang baru masuk Indonesia juga tak mau kalah dalam menawarkan kendaraan berkualitasnya kepada masyarakat Indonesia.

Di tengah gempuran mobil hybrid dan listrik, mobil bermesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) atau yang masih menggunakan bahan bakar minyak, masih menarik hati masyarakat.

Baca juga: Ini fungsi lubang yang mirip untuk pengisian BBM pada Omoda 5E

Tentu banyak dari model-model kendaraan baru yang diluncurkan tahun ini, mulai dari model yang belum ada sebelumnya, maupun versi penyegaran atau facelift. Berikut yang berhasil kami rangkum:

Chery Omoda 5 GT (ANTARA/HO/CSI)


Chery Omoda 5

SUV Crossover Premium Chery ini pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada ajang otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 Februari lalu.

Meski baru masuk pasar Indonesia, mobil ini cukup mengejutkan industri otomotif, pasalnya, tidak hanya dari segi desain yang modern, fitur teknologi yang futuristik, dan tenaga yang besar di kelasnya, Omoda 5 juga sangat terjangkau bila dibandingkan para rivalnya dengan spesifikasi serupa.

Banyak impresi dari kalangan masyarakat maupun pecinta otomotif mengatakan bahwa mengemudi mobil asal Tiongkok ini serasa seperti mengemudi mobil pabrikan Eropa. Tentu saja, sebab, sejak tahun 2012, Chery dan Jaguar Land Rover Motors bersama-sama berinvestasi dalam pembentukan Chery Jaguar Jaguar Motors Co., Ltd., yang merupakan perusahaan mobil high-end pertama China-Britania.

Omoda 5 varian Z dan RZ menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, Turbo. Kinerja mesin kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis CVT dengan simulasi virtual 9-percepatan, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 145 hp dan torsi 230 Nm.

Sementara varian terbarunya Omoda 5 GT dibekali dengan mesin 1.600 T GDI yang bertenaga 197 HP dan torsi 290 Nm. Omoda 5 GT menyediakan dua versi yakni menggunakan penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD) dan penggerak empat roda (All Wheel Drive/AWD).

Harga Chery Omoda 5 Z Rp334,8 Juta, Rp404,8 juta untuk varian RZ, Rp453,=8 dan 493,8 juta untuk varian GT AWD.

Baca juga: Mitsubishi Xforce, SUV tangguh digemari wanita

Baca juga: All New Honda Civic Type R jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring

 

All New Honda Civic Type R (ANTARA/HO)


All New Honda Civic Type R

Mobil sport All New Honda Civic Type R dihadirkan dengan desain agresif dan juga mesin yang lebih bertenaga pada Maret 2023 di Indonesia. Mobil tersebut mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo untuk menunjang performanya.

Dengan spesifikasi tersebut, All New Civic Type R sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya.

Mobil ini dijual sekitar Rp1,4 miliar dengan lima pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl.

Mitsubishi Xforce (ANTARA/HO)


Mitsubishi Xforce

Mitsubishi XFORCE merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV lima penumpang yang memiliki karakter penuh gaya dan tangguh, menyuguhkan handling yang baik, kenyamanan serta utilitas fitur seperti interiornya dan berbagai ruang penyimpanan yang luas.

Di Indonesia, Mitsubishi XForce hadir dengan dua varian seperti Ultimate CVT dan juga Exceed CVT. Untuk varian Ultimate CVT dibanderol dengan harga Rp412,9 juta sedangkan untuk Exceed CVT dijual seharga Rp379,9 juta dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Wuling Alvez (ANTARA/HO/Wuling Motors)


Wuling Alvez

SUV ringkas kapasitas lima penumpang Wuling Alvez resmi meluncur di Indonesia pada ajang IIMS 2023, dibekali mesin berkapasitas 1.485 cc, 4-silinder segaris, DOHC, sehingga mampu menghasilkan tenaga 105 tk pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di putaran 4.000 rpm-4.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT untuk tipe CE dan EX, sedangkan tipe terendah yaitu SE memakai transmisi manual 6-percepatan.

Baca juga: Stargazer dan Creta dongkrak penjualan Hyundai hingga 40 persen

Baca juga: Wuling Alvez sabet label mobil paling layak di Uzone Choice Award 2023


Mobil turut dilengkapi dengan teknologi pintar Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini terdapat pada produk Wuling lain yang mengaplikasikan Wuling Silver Logo. Alvez juga dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS) sebagai fitur keselamatan berkendara aktif.

Wuling Alvez tersedia dalam tiga varian, yaitu SE seharga Rp209 juta, tipe CE seharga Rp255 juta, dan tipe EX seharga Rp295 juta. Masing-masing punya lima pilihan warna; merah, hitam, abu, perak, dan putih.

Hyundai Stargazer X (ANTARA/Chairul Rohman)


Hyundai Stargazer X

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID)menawarkan varian yang berbeda untuk Hyundai Stargazer melalui label X di belakang dengan serangkaian perubahan dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain hadirnya pengereman yang sudah menggunakan cakram, dan interior yang lebih mewah, Hyundai Stargazer X juga disisipi dengan bumper, grill, cap mesin hingga over fender yang terlihat berbeda dengan Hyundai Stargazer sebelumnya.
 

Toyota All New Yaris Cross (ANTARA/Chairul Rohman)



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Deretan mobil non listrik baru yang meluncur di 2023
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024