Capres Ganjar: Saya orang "fair"

id Ganjar Pranowo,Debat Ketiga,Debat Capres

Capres Ganjar: Saya orang "fair"

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) bersama cawapres Mahfud Md (kanan) saat memberikan keterangan usai menjalani debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (ANTARA/Hana Dewi Kinarina Kaban)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo usai mengikuti jalannya debat ketiga yang mempertemukan antarcapres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, mengaku bahwa dirinya adalah orang yang fair.

"Saya orang yang fair. Kalau tidak tahu, saya minta silakan dikoreksi. Akan tetapi, kalau saya punya data ini, dan Anda tidak mampu mengatakan, maka Anda harus mengakui bahwa saya yang benar," kata Ganjar saat memberikan keterangan usai debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Ganjar mengatakan bahwa seharusnya debat ketiga menjadi ajang edukasi agar publik dapat memiliki preferensi dalam memilih di Pilpres 2024.

"Saya tidak berbicara puas atau tidak puas, tetapi debat ini adalah edukasi kepada publik agar publik punya preferensi untuk memilih. Maka ketika ada statement datanya tidak benar, maka saya tunjukkan data yang saya kepingin dalam konteks debat, data saya dibantah. Sayang saya tidak mendapatkan itu, maka ketika kita berbicara, sebaiknya kita sama-sama hati-hati," ujarnya.

Ganjar juga mengatakan bahwa dirinya menyayangkan data yang disampaikan dirinya tidak dibantah dalam debat tersebut.

"Kecuali Anda punya cara yang lain, yang sudah saya berikan kesempatan. Silakan kali ini boleh dibantu, sayang tidak ada yang membantu, maka publik, masyarakat mesti diberikan edukasi berbasis pada data. Sehingga mereka akan mengerti, itu benar, ini salah, ini omdo (omong doang), dan ini benar," kata Ganjar.

Sebelumnya dalam debat, Ganjar mengatakan bahwa Global Peace Index menurut Institute for Economics and Peace turun, Global Militarization Index dari The Bonn International Centre for Conflict Studies (BICC) turun.

Kemudian, angka kapabilitas militer dari Lowy Institute Asia Power Index turun, serta angka proporsi anggaran pertahanan turun yang bersumber dari International Institute for Strategic Studies (IISS) Military Balance+.

Selain itu, Ganjar menanyakan soal mengapa capaian MEF terjadi penurunan dan solusi yang ditawarkan oleh calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar usai debat: Saya orang yang "fair"