Ini sembilan cara kirim pesan WhatsApp lebih aman

id Perlindungan WhatsApp,pengguna WhatsApp,keamanan WhatsApp

Ini sembilan cara kirim pesan WhatsApp lebih aman

Ilustrasi cara memberi perlindungan pada WhatsApp. (ANTARA/ Dok. WhatsApp)

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi berkirim pesan WhatsApp memberikan perlindungan otomatis dengan enkripsi end-to-end, sehingga memastikan hanya pengirim dan penerima pesan yang bisa membacanya.

Dalam rangka memperingati Safer Internet Day pada 6 Februari, melalui rilis yang diterima ANTARA pada Jumat (2/2), berikut beberapa langkah tambahan yang dapat diambil untuk meningkatkan keamanan percakapan pengguna WhatsApp.

1. Gunakan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun pengguna.

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk semakin melindungi akun WhatsApp. Setelah diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit saat melakukan reset atau verifikasi akun.

2. Selalu gunakan aplikasi WhatsApp resmi.

Pastikan pengguna menggunakan versi terbaru dari aplikasi resmi WhatsApp untuk memastikan keamanan dan privasi pesan.

Pastikan logo terlihat dengan benar, dan nama aplikasinya hanya tertulis “WhatsApp”. Aplikasi palsu dapat menimbulkan risiko keamanan, seperti pengiriman spam dan melakukan penipuan terhadap orang lain tanpa sepengetahuan pengguna.


3. Lindungi informasi sensitif dengan opsi pesan sementara.

Untuk meningkatkan privasi dalam pengalaman pengiriman pesan, Anda dapat memilih opsi ‘sekali lihat’ saat mengirim foto dan media.

Fitur ini memungkinkan penerima melihat pesan hanya sekali, tanpa opsi untuk menyimpan, meneruskan, mengambil screenshot, atau berbagi pesan tersebut ke orang lain.

Fitur ‘sekali lihat’ tersedia untuk catatan suara dengan memungkinkan penerima untuk mendengarkan catatan suara hanya sekali saja.

Selain itu, mematikan laporan dibaca dan menggunakan pesan sementara merupakan beberapa fitur lainnya yang dapat melindungi percakapan penting pengguna.


4. Lindungi percakapan pribadi pengguna dengan ‘kunci chat’.

Dengan fitur ‘kunci chat’, pengguna dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan pada percakapan privat.

Fitur ini menyimpan obrolan tertentu ke dalam folder khusus yang hanya dapat diakses oleh pengguna. Selain itu, kata sandi khusus juga dapat dibuat berbeda dari kata sandi perangkat pengguna untuk melindungi obrolan yang mengandung informasi pribadi atau keuangan.

Jika ada orang lain yang mengakses ponsel pengguna, fitur ‘kunci chat’ akan menjaga percakapan pengguna aman dari pengintaian.


5. Jadi admin terbaik untuk grup/komunitas pengguna.

Sebagai admin, pengguna dapat menjaga agar grup atau komunitas WhatsApp menjadi tempat untuk berinteraksi dan menjalin percakapan yang bermakna.

Pengguna bisa menentukan siapa yang bisa bergabung, membatasi izin anggota untuk mengubah subjek, ikon, atau deskripsi komunitas, bahkan menghapus pesan yang tidak diinginkan atau mengeluarkan anggota.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sembilan cara pastikan berkirim pesan WhatsApp dengan lebih aman